Janah, Iftitakul Ilmi Nasibul (2018) Nilai-Nilai Edukasi tentang Relasi Suami Istri dalam Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn dan Relevansinya di Zaman Modern. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101016028 prabab.pdf Download (424kB) |
|
Text
92101016028 BAB 1.pdf Download (304kB) |
|
Text
92101016028 BAB 2.pdf Download (515kB) |
|
Text
92101016028 BAB 3.pdf Download (651kB) |
|
Text
92101016028 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
92101016028 BAB 5.pdf Download (261kB) |
|
Text
92101016028 daftar pustaka.pdf Download (75kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena urgensi nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri, banyak terjadi disfungsi oleh suami istri sendiri. Hal demikian dipengaruhi oleh kurangnya kompetensi dari suami istri itu sendiri. Untuk sebab itu nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri menjadi prioritas penting bagi suami dan istri dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Untuk mencapai keluarga saki>nah, mawaddah warahmah, untuk itu suami dan istri perlu mengamalkan Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn. Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri dalam Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn. Kedua, untuk mengetahui relevansi nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri dalam Kitab ‘Uqu>d alLujayn di zaman modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn dan sumber data sekunder yang ada kaitannya dengan kajian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi. Analisis teksnya menggunakan content analysis (analisis isi) dengan tahapan koding (coding), kategorisasi (categorizing), penafsiran, penyimpulan dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri dalam Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn terbangun dari pelaksanaan yang seimbang antara nilai-nilai edukasi bagi suami dan nilai-nilai edukasi bagi istri yang dalam dunia pendidikan dapat dianalogikan sebagai relasi pendidik dan peserta didik. Pertama, pendidik berbuat baik kepada peserta didik oleh karena itu, peserta didik harus menaati perintah pendidik kecuali pendidik memerintah pada keburukan. Kedua, pendidik harus memberikan pengajaran yang terbaik kepada peserta didik dan sebagai peserta didik harus menjaga ilmu pengetahuan yang telah diajarkan pendidik tersebut sebaik-baiknya pula. Ketiga, pendidik membimbing peserta didik terkait perihal yang urgent bagi peserta didik saat ini, maka peserta didik harus menjaga kehormatan dirinya sebagai bentuk bahwa peserta didik menghargai dirinya sendiri dan peserta didik menghargai pendidik sebagai pembimbingnya. 2) Nilai-nilai edukasi tentang relasi suami istri dalam Kitab ‘Uqu>d al-Lujayn relevan ketika didialogkan dengan karakteristik zaman modern diantaranya rasional, kemajuan, nasionalis dan demokratis, tetapi tidak relevan ketika didialogkan dengan subjektif, kritis dan materialis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 02:33 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1778 |
Actions (login required)
View Item |