Nurita, Ririn Shafa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LEARN & PLAY BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI ROUDLOTUT THOLABAH KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21206108_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206108_bab1.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
21206108_bab2.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
21206108_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text
21206108_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206108_bab5.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
21206108_daftarpustaka.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
21206108_lampiran.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
21206108_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
RIRIN SHAFA NURITA. Dosen Pembimbing Novi Rosita Rahmawati, M.Pd dan Aulia Rohmawati, M.Pd, Pengembangan Media Learn & Play Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci : Pengembangan, Media Learn & Play Book, Minat Belajar Media pembelajaran Learn & Play Book merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses belajar mengajar. Kehadiran media ini diharapkan mampu menarik perhatian siswa, menumbuhkan rasa senang, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, sehingga berdampak positif terhadap minat belajar siswa kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media Learn & Play Book untuk siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudlotut Tholabah, Kabupaten Kediri; 2) mengevaluasi kelayakan media Learn & Play Book untuk siswa kelas II pada mata pelajaran yang sama; dan 3) mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan media tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/RnD) yang mengadopsi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-B MI Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 22. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket minat belajar sebelum dan sesudah penggunaan media serta dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 1) prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan (develop), implementasi, evaluasi yang sudah dilakukan secara runtut dan produk yang dikembangkan peneliti berupa media learn & play book dengan bantuan aplikasi canva premium 2) Uji kelayakan dilaksanakan dengan memvalidasikan produk kepada para ahli sesuai dengan bidangnya, dengan hasil sangat layak. Hasil penilaian para ahli validator, yaitu validator ahli materi (87%), ahli angket minat belajar siswa (90%), ahli desain media (97%), ahli pembelajaran (94%) dan dari penilaian pengguna menghasilkan nilai rata-rata 83%; dan 3) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Learn & Play Book. Untuk mengukur peningkatan tersebut, penulis menggunakan angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan media Learn & Play Book. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, dan hasilnya menunjukkan signifikansi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudlotut Tholabah setelah penerapan media Learn & Play Book.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | RIRIN SHAFA NURITA |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:20 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |