Asiah, Siti (2017) Mendidik Anak dengan Kalimah Thoyyibah dan implikasinya terhadap kebiasaan siswa. (Studi kasus di PAUD Bumi Pertiwi Ds. Rembangkepuh Kec. Ngadiluwih). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92100815029 prabab.pdf Download (559kB) |
|
Text
92100815029 bab1.pdf Download (446kB) |
|
Text
92100815029 bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
92100815029 bab3.pdf Download (153kB) |
|
Text
92100815029 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
92100815029 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text
92100815029 bab6.pdf Download (298kB) |
|
Text
92100815029 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
didikan dan bimbingan dari guru. Di dalam prasekolah inilah tempat meletakan dasar-dasar kepribadian anak didik pada usia yang masih muda, karena pada usia-usia ini anak lebih peka terhadap pengaruh dari pendidikannya baik dilingkungan keluarga maupun sekolah. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Dari konteks penelitian yang telah dipaparkan, peneliti menentukan rumusan penelitian tentang mendidik anak dengan kalimah thoyyibah dan implikasinya terhadap kebiasaan siswa yang dirinci sebagai berikut : 1. Apa saja kalimah thoyyibah yang dibiasakan untuk diucapkan anak? 2. Bagaimana metode mendidik anak dengan kalimah thoyyibah? 3. Bagaimana implikasi kalimah thoyyibah terhadap kebiasaan siswa?. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian merupakan instrumen kunci dalam menangkap makna dan sekaligus sebagai alat pengumpul data. Lokasi penelitian adalah di PAUD Bumi Pertiwi Desa Rembangkepuh Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil temuan penelitian bahwa : kalimah thoyyibah yang dibiasakan antara lain : basmalah, hamdalah, salam, istighfar. Sedangkan kalimah thoyyibah yang belum tersampaikan antara lain istighfar, tasbih, takbir, tahmid dan program pembiasaan kepada anak perlu ditindak lanjuti. Metode yang digunakan adalah pembiasaan yakni pada kegiatan-kegiatan apa saja anak dipantau untuk mengucapkan kalimah thoyyibah. Setelah adanya penelitian ini pembiasaan pengucapan kalimah thoyyibah bagi anak memberikan dampak yang sangat positif. Anak lebih santun dalam berucap, anak lebih sopan dan orang tua pun sangat senang terhadap perkembangan anak-anak tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 02:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 02:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1776 |
Actions (login required)
View Item |