AZZARISTIYA, ARISMA (2025) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20104065_prabab.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
20104065_bab1.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
20104065_bab2.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
20104065_bab3.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
20104065_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
![]() |
Text
20104065_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text
20104065_bab6.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
20104065_daftarpustaka.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
20104065_LEMBARPERNYATAANPUBLIKASI.pdf Download (192kB) |
Abstract
Arisma Azzaristiya, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M. Psi. dan Nisa Fitriani M, Si. Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2025 Kata Kunci : Dukungan Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Siswa Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam proses belajar di sekolah. Dengan adanya motivasi belajar, siswa akan memiliki semangat, minat serta rasa senang dalam belajar. Berbeda dengan siswa MTs Miftahul Falaah. Beberapa siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar di sekolah. Contohnya terdapat siswa yang tidur saat pelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga merasa senang saat tidak ada guru yang mengajar di kelas atau jam kosong. Salah satu faktor yang membentuk motivasi belajar adalah dukungan dari lingkungan sosial, seperti dukungan sosial teman sebaya. Siswa yang merasa didukung oleh teman sebaya akan termotivasi untuk belajar karena adanya dorongan dan rasa saling menghargai. Dukungan sosial teman sebaya sangat penting bagi siswa sebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, berbagi pengalaman, serta memotivasi satu sama lain untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri, 2) untuk mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri, 3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa MTs Miftahul Falaah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasional. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang disebar pada 116 siswa di MTs Miftahul Falaah Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala Dukungan Sosial Teman Sebaya yang disusun berdasarkan teori Sarafino dan skala Motivasi Belajar yang disusun berdasarkan teori Hamzah Uno. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dengan menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 115,71 dan variabel motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 193,69. Hasil Pearson Correlation antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar diperoleh sebesar 0,606. Sumbangan efektif yang didapatkan yaitu 0,367 yang berarti dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 36,7%. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | ARISMA AZZARISTIYA |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |