Salma, Wardatus (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Religius Siswa di SMKN 2 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
9210096016 prabab.pdf Download (634kB) |
|
Text
9210096016 bab I.pdf Download (519kB) |
|
Text
9210096016 BAB II.pdf Download (990kB) |
|
Text
9210096016 BAB III.pdf Download (549kB) |
|
Text
9210096016 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
Text
9210096016 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text
9210096016 BAB VI.pdf Download (310kB) |
|
Text
9210096016 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Melihat perilaku pelajar dewasa ini yang terjangkit dengan pergaulan bebas, tawuran, berani dengan orang tua dan gurunya, harusnya ada penanganan khusus dalam menanggulangi permasalahan tersebut. Bagi sekolah yang masih terjaga dengan tindakan tersebut maka harus ada tindakan pencegahan supaya perilaku tersebut tidak masuk dalam dunia pendidikan. Oleh karenanya internalisasi nilai-nilai religius yang akan dapat menyelamatkan perilaku siswa yang kurang baik tersebut. Penelitian ini berfokus pada: 1) Nilai religius apa yang diinternalisasikan di SMKN 2 Kediri, 2) Strategi apa yang dipakai oleh guru dalam internalisasi nilai-nilai religius siswa SMKN 2 Kediri, 3) Bagaimana proses internalisasi nilainilai religius melalui transformasi, transakni, dan transinternalisasi nilai di SMKN 2 Kediri, 4) Bagaimana perilaku yang terbentuk dari proses internalisasi siswa di SMKN 2 Kediri. Dengan tujuan: 1) Nilai religius yang diinternalisasikan di SMKN 2 Kediri, 2) Dapat mengetahui strategi yang dipakai oleh guru agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai religius siswa SMKN 2 Kediri, 3) Dapat mengetahui proses internalisasi nilai-nilai religius melalui transformasi, transakni, dan transinternalisasi nilai di SMKN 2 Kediri, 4) Dapat mengetahui perilaku yang terbentuk dari proses internalisasi siswa di SMKN 2 Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) Observasi, 2) Interview, 3) Dokumentasi. Proses analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi, ketekunan pengamatan, pengecekkan anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai religius yang diinternalisasikan ibadah ritual, ibadah sosial, ibadah individual, akhlak dan kedisiplinan. 2) Startegi melalui peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas, pengembangan kegiatan keagamaan. 3) Proses transformasi yaitu seorang guru untuk memberi wawasan, melalui transaksi yaitu guru memberi tes kepada siswa, melalui tran-internalisa guru memperhatikan sikap dan prilaku siswa. 4) Perilaku yang terbentuk antara lain siswa mayoritas menutup aurot, setiap hari dilakukan tadarus, menghafalkan paket hafalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 03:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1760 |
Actions (login required)
View Item |