Implementasi Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an bagi Masyarakat (Studi Kasus PPTQ Pondok Pesantren Safinatul Huda Plemahan Kediri)

Nurelah, Nurelah (2019) Implementasi Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an bagi Masyarakat (Studi Kasus PPTQ Pondok Pesantren Safinatul Huda Plemahan Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101117013 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101117013 bab1.pdf

Download (909kB)
[img] Text
92101117013 bab2.pdf

Download (793kB)
[img] Text
92101117013 bab3.pdf

Download (736kB)
[img] Text
92101117013 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101117013 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
92101117013 bab6.pdf

Download (323kB)
[img] Text
92101117013 DP.pdf

Download (435kB)
[img] Text
92101117013 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman terhadap isi Al-Qur’an sehingga keberadaannya benar-benar bisa berfungsi sebagai pedoman hidup masih dirasa sangat kurang di kalangan masyarakat muslim. Al-Qur’an hanya sebatas dibaca sebagai ibadah rutin bahkan banyak pula hanya sebagai pajangan dan penghuni rak buku. Sebuah upaya telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Safinatul Huda dengan mengusung program bernama Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) yang ditujukan kepada masyarakat muslim dari semua lapisan khususnya yang nonsantri (masyarakat awam) dengan tujuan agar mereka bisa memahami Al-Qur’an beserta maknanya, yang pada akhirnya dapat mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. PPTQ Safinda sebagai sebuah kajian pembelajaran terjemah Al-Qur’an bagi masyarakat sebagai pintu pertama memahami Al-Qur’an dengan mudah dan praktis melalui metode safinda. Maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an bagi masyarakat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan setting penelitian Pondok Pesantren Safinatul Huda Plemahan Kediri dan beberapa tempat diselenggarakannya kajian PPTQ Safinda. Jenis penelitiannya studi kasus dengan menggunakan sumber data primer berupa tempat, orang, dan data tertulis. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan PPTQ Safinda dilakukan dengan metode safinda yaitu metode gabungan antara pelatihan (drill), pengulangan (repitisi), pentahapan (graduasi), dan sorogan, yang materi pembelajarannya dimulai dari Juz 1 hingga juz 30 dengan model menterjemahkan Al-Qur’an secara lafz}iyah yang dibantu kamus al-muyassar, dengan mengulang-ulang lafaz} / kata dan terjemahnya agar masyarakat dapat mengingat terjemah per kata, mengerti kaidah nahwu s}orofnya, dan dapat memahami makna Al-Qur’an yang pada akhirnya mereka diharapkan dapat mengamalkan isinya. Proses pembelajarannya berupa menterjemahkan dan mengi’rob Al-Qur’an secara langsung di hadapan ustadznya dengan tehnik klasikal di awal pembelajaran dan tehnik individual di akhir pembelajaran secara bergantian (sorogan). Hal tersebut sekaligus menjadi tehnik evaluasi PPTQ dalam proses pembelajarannya. Pemberian materi baik terjemah, qawa>’idul lughah (i’rabul Qur’an), maupun tafsirnya dilakukan secara bertahap dan didampingi ustadznya secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:38
Last Modified: 11 Nov 2020 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item