Nurjanah, Lailiatul (2017) Implementasi Fullday School dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pare Tahun Ajaran 2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover_IMG_0015.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
|
Text
ijin penelitian_IMG_0015.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pada masa sekarang ini banyak program pendidikan yang menyelenggarakan sekolah sehari penuh (fullday school) yang dimulai pada pukul 07.00-15.00 WIB. Dalam program fullday school ini ditawarkan banyak aktifitas kegiatan sehingga target pembelajaran yang ingin dicapai juga semakin banyak. Dengan banyaknya aktifitas kegiatan siswa disekolah menjadikan beberapa siswamerasabosan, kelelahan dalam pembelajaran.Namun, di SMP Muhammadiyah 1 Pare beberapa siswa dapat mencapai dan melampaui target yang telah ditentukan sekolah. Hal ini menunjukkan semangat para siswa memiliki prestasi belajar yang sangat tinggi, maka dari itu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan lulusan yang baik, berkualitas, memiliki prestasi belajar yang bagus serta dapat diandalkan, mengingat hal tersebut maka prestasi siswa memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai suatu target tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya penerapan program fullday school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya study kasus, karena dalam penelitian ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa ucapan atau tulisan dalam perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Untuk metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi setelah itu analisis data. Dan untuk mengecek keabsahan data nya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan maka, diperolah hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan fullday school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, SMP Muhammadiyah 1 Pare sudah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan di SMP Muhammadiyah 1 Pare, hal ini ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai serta tenaga pendidik yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Dengan pelaksanaan sistem pembelajaran fullday school, maka rentan waktu belajar relatif lebih lama sehingga memaksa siswa belajar mulai pagi hari hingga sore hari. 2) faktor pendukung dan penghambat fullday school SMP Muhammadiyah 1 Pare, sarana dan prasarana, guru atau pendidik, siswa atau terdidik, dan dana. Kemudian dari faktor penghambat adalah SMP Muhammadiyah 1 Pare telah banyak dipengaruhi oleh diri siswa sendiri yang mengalami kendala belajar seperti capek, ngantuk, bosan ataupun yang lainnya. 3) Upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan fullday school yaitu: pembelajaran fullday school seorang guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang baik, disamping itu kepala sekolah juga harus mengembangkan kurikulum, sarana dan prasarana, sumber daya manusia yang berkualitas (guru yang berkompeten), persediaan dana agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat menjadi hasil yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 03:48 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 03:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |