Afifah, Afifah (2019) Proses Pembelajaran Nilai-Nilai Islam Pada Masyarakat Kejawen di Desa Menang Kecamatan Pagu. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101217001 prabab.pdf Download (492kB) |
|
Text
92101217001 BAB I.pdf Download (507kB) |
|
Text
92101217001 BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
92101217001 BAB III.pdf Download (438kB) |
|
Text
92101217001 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
92101217001 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text
92101217001 BAB VI.pdf Download (189kB) |
|
Text
92101217001 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
Abstract
Setiap masyarakat di dunia ini mempunyai adat tradisi yang diwarisi dari satu generasi ke satu generasi lain. Adat tradisi ini memainkan peranan penting dalam kehidupan sesuatu komunitas masyarakat. Ini disebabkan perilaku spiritual masyarakat Desa Menang sangat berkaitan dengan rutinitas di tiap tahunan dan bulanan mereka. Perilaku ini berupa ritual-ritual keagamaan yang masih dianggap sakral, sehingga harus dilaksanakan secara terus-menerus. Akantetapi ada sebuah pembelajaran nilai-nilai Islam yang sampai sekarang tetap berjalan di tengah masyarakat kejawen Desa Menang. Adapun fokus penelitian ini ada dua hal, yakni 1) apa materi pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang? 2)apa metode pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang? 3) apa tujuan pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang 4) bagaimana evaluasi pembelajaran pada masyarakat kejawen di Desa Menang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) apa materi pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang 2) apa metode pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang 3)apa tujuan pembelajaran nilai-nilai Islam pada masyarakat kejawen di Desa Menang 4) bagaimana evaluasi pembelajaran pada masyarakat kejawen di Desa Menang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun proses analisis data meliputi kegiatan mengumpulkan data, memeriksa kembali data dan merumuskan kesimpulan. Tahap akhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian ini antara lain adalah: 1) materi pembelajaran yang disajikan pada masyarakat Desa Menang yaitu sholat, bershodaqoh, husnudzon, bersyukur, ikhlas 2) metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu mengunakan metode ceramah dan tanya jawab 3) tujuan memberikan pembelajaran nilai-nilai Islam supaya masyarakat menjadi bertakwa dan menjadi insan kamil 4) dalam evaluasi dilakukan secara berulang-ulang dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran dan dilihat dari antusiasnya masyarakat dalam mengikuti kegiatan pengajian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 02:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 02:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1744 |
Actions (login required)
View Item |