KEUNIKAN TANDA WAQF DI PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA NGALAH PASURUAN

izah, Arifatul (2025) KEUNIKAN TANDA WAQF DI PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA NGALAH PASURUAN. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20102075_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20102075_bab1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
20102075_bab2.pdf

Download (600kB)
[img] Text
20102075_bab3.pdf

Download (255kB)
[img] Text
20102075_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
20102075_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
20102075_bab6.pdf

Download (276kB)
[img] Text
20102075_daftarpustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
20102075_lampiran.pdf

Download (698kB)
[img] Text
20102075_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Izah, Arifatul. 2024. “Keunikan Tanda waqf Di Pondok Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan.” Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing: (I) Dr. Zuhri Humaidi, M.S.I (II) Dr. Asyhad Abdillah Rosyid, S.Th.I, M.Ag Keberagaman tanda waqf yang digunakan di Indonesia dan pemahaman tentang tanda waqf menjadi aspek penting dalam pembacaan Al-Qur’an, karena tanda waqf merupakan bagian dari ilmu tajwid, dan seorang pembaca Al-Qur’an akan menemui kesulitan membaca satu surah atau ayat yang panjang dengan satu nafas, sementara ia tidak diperbolehkan bernafas di tengah kata atau di antara dua kata (ketika hendak me-washl-kan1 keduanya). Untuk itu ia memerlukan Waqf untuk menarik nafas dan beristirahat, kemudian melanjutkan bacaannya (ibtidā’) dengan tetap menjaga keutuhan makna ayat yang dibacanya.2 Di Pondok Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan, ditemukan keunikan dalam penggunaan tanda waqf yang berbeda dari mushaf standar Lajnah Pentashih Al-Qur’an. Pesantren ini menerapkan tanda waqf khusus yang dirancang oleh pengasuh untuk membantu santri memahami dan menghafal Al-Qur’an dengan lebih baik serta membantu santri mengingat ayat selanjutnya dengan cepat. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus, yaitu : Karakteristik dan keunikan tanda Waqf di Pondok pesantren Darut taqwa Ngalah Pasuruan. Dan bagaimana implikasi dari perbedaan tanda Waqf standar pengasuh terhadap para santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Jenis penelitian field Research dengan pendekatan Etnografi (mendeskripsikan suatu kebudayaan). Menggunakan sumber data primer yang didapatkan melalui observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa dokumen, buku, dan karya ilmiah. Metode pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal yaitu , pertama tanda Waqf yang diterapkan di Pondok Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan, khususnya di asrama H, memiliki keunikan yang signifikan dibandingkan tanda Waqf standar yang diterbitkan oleh LPM Al-Qur’an Indonesia. Kedua, pengasuh asrama H Ning Hj. Luluk Nadhiroh, mengembangkan sistem tanda Waqf berbasis simbol khusus seperti (ط) dan (◦) untuk Waqf , garis datar (-) dan (⁓) untuk washal, dan tanda (√) untuk ibtidā’ yang dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran santri tahfidz. Ketiga, selain memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, keunikan ini juga menyadarkan bahwa hal tersebut adalah kebutuhan bagi santri tahfidz. Kata Kunci : Tanda Waqf, Santri, Pondok Pesantren Darut Taqwa, Ngalah Pasuruan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: ARIFATUL IZAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:33
Last Modified: 02 Jun 2025 03:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item