Dewi, Nove Annisa Hilda (2024) Efektivitas Program Kelas Inovasi untuk Peningkatan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Siswa Di MIN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20205123_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20205123_BAB1.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
20205123_BAB2.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
20205123_BAB3.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
20205123_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text
20205123_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
20205123_BAB6.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
20205123_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
20205123_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
Abstract
Nove Annisa Hilda Dewi, Dosen Pembimbing Dr. Addin Arsyadana, M.Pd.I, dan Choiru Umatin, M.Pd, Efektivitas Program Kelas Inovasi Untuk Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik di MIN 2 Kota Madiun, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci : Efektivitas, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik MIN 2 Kota Madiun merupakan sekolah dasar yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengimplementasian program inovasi. MIN 2 Kota Madiun tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga memperhatikan pengembangan potensi siswa non-akademik melalui berbagai pendekatan kreatif. Saat ini, belum ada sekolah dasar lainnya di Kota Madiun yang menerapkan program kelas inovasi tersebut selain MIN 2 Kota Madiun. Dengan memadukan metode pembelajaran inovatif dan nilai-nilai keislaman, madrasah ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik siswa, sekaligus menjadi contoh penerapan pendidikan berbasis inovasi di tingkat madrasah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan program kelas inovasi untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik, 2) Efektivitas program kelas inovasi untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik, 3) Peran guru dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui kelas inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dengan tahapan: pengumpulan datateknik pengumpulan data melalui: 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi. Informan atau narasumber dalam penulisan penelitian ilmiah ini adalah Kepala Madrasah dan guru pengajar. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data: triangulasi. Hasil penelitian mengenai efektivitas program kelas inovasi untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik di MIN 2 Kota Madiun menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program kelas inovasi merupakan upaya strategis untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa melalui seleksi, penempatan, pembinaan, dan penilaian yang sistematis, 2) Efektivitas program kelas inovasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik terbukti lebih unggul dibandingkan kelas reguler, terutama melalui pendekatan yang holistik dan adaptif, 3) Peran guru dalam kelas inovasi sangat krusial untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NOVE ANNISA HILDA DEWI |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:19 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |