Rani, Wahyu Dwi Puspa (2024) Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi Di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20205110_prabab.pdf Download (763kB) |
![]() |
Text
20205110_bab1.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
20205110_bab2.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
20205110_bab3.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
20205110_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text
20205110_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text
20205110_bab6.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
20205110_daftarpustaka.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
20205110_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi-Puspa.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya diskriminasi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam dunia pendidikan. Sekolah inklusi, seperti SD Plus Rahmat Kota Kediri, hadir untuk mewujudkan pendidikan yang setara bagi semua anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manajemen kurikulum inklusi, khususnya kurikulum reguler dan Program Pembelajaran Individual (PPI) bagi ABK. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Psikologi, lalu dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan validasi triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurikulum dirancang sesuai visi misi sekolah dan regulasi, menggunakan kurikulum reguler dan PPI untuk ABK. (2) Organisasi kurikulum dilakukan melalui rapat rutin dan kelompok belajar bagi guru. (3) Pelaksanaan kurikulum dilakukan di tingkat sekolah dan kelas. (4) Evaluasi dilakukan melalui refleksi bulanan untuk menilai proses dan hasil pembelajaran siswa inklusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | WAHYU DWI PUSPA RANI |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:20 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |