Fitriani, Rina Amalia (2025) ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES TERHADAP PODCAST NOICE “BERBEDA TAPI BERSAMA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MODERASI BERAGAMA DI ERA GEN Z. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21201044_ PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201044_BAB 1.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
21201044_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
![]() |
Text
21201044_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
21201044_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text
21201044_BAB 5.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
21201044_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
21201044_ LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh moderasi beragama yang menjadi isu penting di masyarakat plural, terutama dalam menghadapi intoleransi dan radikalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana podcast “Berbeda Tapi Bersama” yang dipandu oleh Habib Ja’far Al Hadar pada platform Noice dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran moderasi beragama bagi Generasi Z. Kajian ini berupaya memahami peran media digital dalam meningkatkan pemahaman tentang keberagaman dan toleransi beragama melalui analisis semiotik Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan data yang diperoleh dari transkrip lima episode podcast serta berbagai literatur pendukung. Pendekatan semiotik Roland Barthes diterapkan untuk mengidentifikasi makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam narasi podcast. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast ini menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama secara efektif melalui gaya komunikasi yang santai dan interaktif. Melalui analisis semiotik, podcast ini mengandung 4 indikator moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan. dan akomodatif terhadap budaya lokal dengan hal ini podcast “Berbeda Tapi Bersama” memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran moderasi beragama di era digital. Oleh karena itu, pemanfaatan media berbasis audio seperti podcast direkomendasikan dalam pendidikan Islam untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan pemahaman lintas agama, khususnya bagi Gen Z.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RINA AMALIA FITRIANI |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |