Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di MAN PK MAN 4 Jombang

Ningrum, Dina Maulidiyah (2025) Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di MAN PK MAN 4 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201209_prabab.pdf

Download (753kB)
[img] Text
21201209_bab1.pdf

Download (616kB)
[img] Text
21201209_bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
21201209_bab3.pdf

Download (622kB)
[img] Text
21201209_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
21201209_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
21201209_bab6.pdf

Download (394kB)
[img] Text
21201209_daftar pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
21201209_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
21201209_pernyataan upload karya ilmiah 001.pdf

Download (161kB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran intrakurikuler guru PAI adalah agar peserta didik mampu menguasai materi yang diajarkan. Sedangkan tujuan utamanya adalah mencetak intelektual ulama yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupannya. Dalam menentukan tujuan pembelajaran tersebut guru PAI MAN PK harus mengetahui kompetensi dasar peserta didik, menetapkan pembelajaran terintegrasi yaitu intrakurikuler yang menjadi fokus penelitian ini, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta menetapkan indikator capaian tujuan pembelajaran. 2) Sistem pendekatan yang digunakan bervariasi dengan menyesuaikan karakteristik materi dan peserta didik. Diantarannya adalah berbasis keteladanan dan ibrah, inquiry, kontruktivisme, behaviorisme, individu, kelompok, tematik, berbasis teknologi, saintifik, inklusif, dan linguistik. 3) Metode yang digunakan juga beragam serta mengkolaborasikan beberapa metode dalam satu pertemuan seperti ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kolaboratif, kisah, dan pemberian reward. Teknik pembelajaran guru PAI disesuaikan dengan metode yang digunakan seperti, monolog, kelompok, diskusi, project, dan presentasi. Prosedur pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 4) Kriteria keberhasilan prestasi akademik yang digunakan adalah nilai rapot. Sedangkan penilaian non-akademik tidak tertulis dan berbeda-beda diantarannya adalah adab peserta didik minimal baik, prestasi kejuaran yang didapatkan, potensi peserta didik yang berkembang, serta perilaku peserta didik pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DINA MAULIDIYAH NINGRUM
Date Deposited: 14 May 2025 08:19
Last Modified: 14 May 2025 08:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item