Upaya preventif terhadap radikalisme melalui peran duta moderasi beragama di MAN Kota Kediri

Rohmah, Yafi' Diva Afifatur (2025) Upaya preventif terhadap radikalisme melalui peran duta moderasi beragama di MAN Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201055_prabab.pdf

Download (395kB)
[img] Text
21201055_bab1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
21201055_bab2.pdf

Download (141kB)
[img] Text
21201055_bab3.pdf

Download (122kB)
[img] Text
21201055_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
21201055_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
21201055_bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
21201055_daftarpustaka.pdf

Download (154kB)
[img] Text
21201055_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

YAFI’ DIVA AFIFATUR ROHMAH, Dosem Pembimbing Dr. H. Ilham Tohari, M.HI. dan Nurul Ahsin, M.Pd.I., Upaya Preventif Terhadap Radikalisme Melalui Peran Duta Moderasi Beragama di MAN Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci : Duta Moderasi Beragama, Radikalisme Penelitian ini dilaterbelakangi sehubungan dengan radikalisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara yang berpotensi menyasar seluruh kalangan, terlebih generasi muda sebab dinilai masih labil dan sangat rentan terpengaruhi. Dengan adanya program dari Kemenag yaitu penguatan moderasi beragama, maka Dharma Wanita Kemenag membentuk tim Duta Moderasi Beragama di setiap Madrasah. Dari program tersebut, siswa diberikan pemaparan dan pemahaman materi pentingnya moderasi beragama sebagai bentuk upaya pencegahan paham radikalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya MAN Kota Kediri dalam menangkal radikalisme; mengetahui peran duta moderasi beragama di MAN Kota Kediri dalam menangkal radikalisme; mengetahui hasi dari upaya duta moderasi beragama di MAN Kota Kediri dalam menangkal radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di MAN 1 Kota Kediri dan MAN 2 Kota Kediri. Sumber data diperoleh dari Bunda Modis (Bangkit untuk Negara Damai dan Aman yang Moderat, Inspiratif, Inovatif, dan Santun), Duta Moderasi Beragama, guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan melakukan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber serta teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1.) Melalui program Duta Moderasi Beragama di madrasah, menjadi langkah strategis untuk menanamkan nilai-nilai moderasi dan mencegah radikalisme sejak dini. Dengan pemahaman agama yang seimbang, generasi muda diharapkan dapat hidup harmonis dalam keberagaman serta menjaga stabilitas sosial dan keutuhan bangsa.; 2.) Peran Duta Moderasi Beragama meliputi penyampaian materi moderasi kepada siswa baru dalam kegiatan MATSAMA melalui metode interaktif seperti permainan edukatif, serta membimbing dan memberikan edukasi moderasi beragama dan pentingnya menghargai perbedaan. Selain itu, para duta juga menjadi teladan dalam bersikap moderat dan tidak mudah terprovokasi; 3.) Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap moderasi beragama. Keberhasilan program ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu pelaksanaan yang konsisten, keberadaan duta di setiap kelas, efektivitas penyebaran pemahaman melalui teman sebaya, serta sinergi antara duta, guru, dan lingkungan madrasah yang mendukung keberhasilan program ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YAFI` DIVA AFIFATUR ROHMAH
Date Deposited: 15 May 2025 03:45
Last Modified: 15 May 2025 03:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item