UMMAH, KHOIRULI (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XII pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Rasio Kota Blitar Tahun Pelajaran 2016-2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover_Daftar Isi.pdf Download (780kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (77kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Text
bab VI.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
Text
Surat Izin Penelitian_RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan dengan tujuan memfasilitasi belajar kepada orang lain yang melibatkan guru, siswa, sumber belajar, dan media pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah salah satu kegiatan yang mesti ada dalam suatu lembaga pendidikan dengan tujuan agar dalam menuntut ilmu tak hanya mendapatkan ilmu umum saja, melainkan juga mendapatkan ilmu agama. Agar keduanya dapat seimbang. Namun pada realitanya, sangat jarang pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini dilaksanakan di lembaga pendidikan yang nonformal, seperti lembaga Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket. Berbeda dengan hal itu, di PKBM Rasio Kota Blitar justru mengadakannya dengan salah satu tujuannya yang telah disebutkan di atas. Maka, dengan begitu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Rasio Kota Blitar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan analisisnya melalui tiga jalur, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) dalam perencanaan pembelajaran, tutor memiliki kegiatan untuk menyusun RPP yang setidaknya terdapat tiga komponen, yaitu tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran; 2) dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat kegiatan awal, kegiatan inti yang mana terdapat lima tahapan, yaitu mengamati, menanya, eksplorasi, asosiasi, dan komunikasi, dan kegiatan penutup yang diisi dengan pemberian kesimpulan dari pembelajaran tersebut; 3) dalam kegiatan evaluasi, melaksanakan tiga jenis evaluasi, yaitu evaluasi harian (evaluasi formatif), evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester (evaluasi sumatif).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 03:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 03:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |