Perilaku tertutup produsen tahu ditintau dari etika bisnis islam (studi di Tahu Wijaya Kembar Kelurahan Tinalan Kota Kediri)

Aziz, Muhammad Rizal Abdul (2025) Perilaku tertutup produsen tahu ditintau dari etika bisnis islam (studi di Tahu Wijaya Kembar Kelurahan Tinalan Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401177_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401177_bab1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
20401177_bab2.pdf

Download (671kB)
[img] Text
20401177_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
20401177_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
20401177_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
20401177_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
20401177_daftarpustaka.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perilaku produsen tahu di industri Tahu Wijaya Kembar, Kota Kediri, dengan menggunakan perspektif etika bisnis Islam. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana perilaku produsen dalam proses produksi dan pengelolaan karyawan sesuai dengan prinsip etika Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu penelitian dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu usaha. Pengumpulan data yang digunkan peneliti dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Secara indikator teori, perilaku produsen Tahu Wijaya Kembar belum sepenuhnya memenuhi standar etika bisnis Islam. Prinsip keadilan dalam pembagian upah dan transparansi dalam kualitas produk menjadi sorotan utama yang perlu diperbaiki. Hal ini menimbulkan ketidakpuasan di kalangan karyawan, meskipun mereka tetap bekerja tanpa protes yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa praktik yang tidak sejalan dengan prinsip etika bisnis Islam. Salah satunya adalah pencampuran produk tahu yang tidak layak dengan produk baru untuk dijual, yang mencerminkan ketidakjujuran dalam bisnis. Selain itu, pemilik usaha juga tidak memberikan insentif kepada karyawan, meskipun bekerjapendapatan perusahaan meningkat hal tersebut merupaka keresahan dari karyawan tanpa adanya perjanjian dalam bekerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi produsen untuk mengadopsi praktik yang lebih etis dalam bisnis, sesuai dengan ajaran Islam, demi keberlangsungan usaha dan kesejahteraan para pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD RIZAL ABDUL AZIZ
Date Deposited: 08 May 2025 03:05
Last Modified: 08 May 2025 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17180

Actions (login required)

View Item View Item