Rohmah, Faridha Nur (2025) Kontekstualisasi Penafsiran Tazkiyah Al-Nafs dan Relevansinya dengan Pendidikan Integratif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab-I.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
bab-II.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
bab-III.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab-IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab-V.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (129kB) |
Abstract
Wacana pengkajian konsep tazkiyah al-nafs dilatarbelakangi oleh adanya kesadaran moral yang rendah di zaman modern ini. Dalam hal ini, dunia pendidikan disinyalir terdapat indikasi krisis moral dan spiritual. Sebagaimana contohnya adalah kasus penganiayaan guru oleh murid, bullying, pergaulan bebas, dan self-harm. Penyebab dari degradasi tersebut adalah: pertama, kurangnya life model dalam menanamkan moral dan etika; kedua aspek intelektual masih menjadi fokus utama; ketiga, adanya dikotomi ilmu pengetahuan dan agama. Akibatnya, proses transformasi dan internalisasi mengenai moral dan spiritual pada setiap aktivitas pembelajaran kurang diperhatikan. Oleh karenanya perlu adanya perubahan pola pendidikan yang sejalan dengan konsep Q.S. Al-Baqarah [2]:151 dengan menerapkan proses penyucian jiwa dalam aktivitas pembelajaran. Penyucian jiwa dalam hal ini lebih mengarah kepada proses individuasi atau muhasabah serta adanya integralisasi pola pendidikan yakni pembacaan, penyucian, dan pengajaran. Ketiga pola tersebut saling berkaitan dan memiliki implikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terhadap dunia pendidikan mengenai nilai-nilai pendidikan yang ada dalam al-Qur’an yang relevan untuk mewujudkan pendidikan yang integral dan transenden. Di antara problem akademik yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pandangan dasar al-Qur’an mengenai konsep tazkiyah al-nafs?; Bagaimana kontekstualisasi tazkiyah al-nafs dalam al-Qur’an yang direlevansikan dengan pendidikan integratif?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan (library research) yang dipaparkan dengan deskriptif-analisis, yaitu dengan menjabarkan ayat-ayat tematik mengenai konsep tazkiyah al-nafs dalam Al-Qur’an sebagai data primer, serta kitab tafsir klasik maupun kontemporer, buku, artikel, dan jurnal sebagai data sekunder. Selanjutnya, menganalisis makna konsep tazkiyah al-nafs dalam al-Qur’an dengan metode tematik-kontekstual. Metode tersebut digunakan untuk merelevansikan ide moral ayat mengenai konsep tazkiyah al-nafs yang sejalan dengan pendidikan integratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pandangan al-Qur’an terhadap konsep tazkiyah al-nafs merupakan penyucian lahir batin manusia karena nafs merupakan manusia seutuhnya, adanya potensi kebaikan dan keburukan maka manusia dituntut untuk mengarahkan jiwanya pada kebaikan, manifestasi dari upaya penyucian adalah amar ma’ruf nahy munkar. Kedua, hasil dari analisis menunjukkan bahwa kontekstualisasi tazkiyah al-nafs mengarah kepada ibadah, muamalah, dan pendidikan. Proses untuk menuju perubahan dilakukan dengan individuasi dialog yang berguna untuk mendapatkan kesadaran spiritual. Pelajar yang sadar akan memancarkan akhlak mulia dan berjiwa sosial. Signifikansi dari penafsiran tazkiyah al-nafs dalam al-Qur’an menunjukkan bahwa konsep tersebut relevan dengan pendidikan integratif yang bertujuan untuk membangun peradaban.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Faridha Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:57 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |