Transformasi Digital Dalam Inovasi Pembelajaran Di Pesantren (Studi Multi Kasus Di Pesantren Al-Aqobah, Pesantren Mambaul Hikam Dan Pesantren Kaligrafi Sakal Jombang)

Hasbullah, Abdur Rouf (2024) Transformasi Digital Dalam Inovasi Pembelajaran Di Pesantren (Studi Multi Kasus Di Pesantren Al-Aqobah, Pesantren Mambaul Hikam Dan Pesantren Kaligrafi Sakal Jombang). Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21531001_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (2MB)
[img] Text
21531001_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (5MB)
[img] Text
21531001_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (10MB)
[img] Text
21531001_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (1MB)
[img] Text
21531001_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (16MB)
[img] Text
21531001_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (11MB)
[img] Text
21531001_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (1MB)
[img] Text
21531001_daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only until April 2026.

Download (4MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (159kB)

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan telah menjadi salah satu pilar utama dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana proses transformasi digital dalam inovasi pembelajaran di tiga pondok pesantren, yaitu pesantren Al Aqobah, Mambaul Hikam, dan Kaligrafi Sakal di Jombang. Penelitian ini juga menjelaskan bagaimana ketiga pesantren tersebut mengintegrasikan teknologi digital dalam sistem pendidikan mereka, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta mampu mempersiapkan santri menghadapi tantangan global. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Method) dengan metode studi kasus untuk memahami secara mendalam proses transformasi digital dan juga menganalisis sejauh mana implementasi teknologi diterapkan dipesantren tersebut. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, paradigma pengelola tiga pesantren tersebut memiliki paradigma transformatif. Hasil survei juga menyatakan bahwa pesantren memandang positif terhadap transformasi digital sebesar 83,4 %. Kedua, implementasi transformasi digital di tiga pesantren tersebut dengan mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi digital dalam berbagai aspek termasuk pada pembelajaran dengan tingkat dan tahapan yang berbeda-beda serta disesuaikan dengan takhassus masing-masing pesantren. Transformasi digital ini juga menjadi pendorong munculnya berbagai inovasi di pesantren. Hal ini juga dibuktikan dari hasil survei bahwa implementasi transformasi digital dalam inovasi pembelajaran berjalan dengan baik dengan rata-rata 77,6 %. Rinciannya pesantren Al-Aqobah mencapai 84,3 %, pesantren Mambaul Hikam mencapai 77,7%, dan pesantren kaligrafi sakal mencapai 71 %. Ketiga, Faktor pendukung utama transformasi digital dalam inovasi pembelajaran di pesantren tersebut meliputi : ketersediaan infrastruktur digital, kebijakan pimpinan, dan SDM yang kompeten. Faktor Penghambat utama meliputi : Kurangnya sumber daya finansial, kesenjangan digital, dan resistensi terhadap perubahan. Keempat, Transformasi digital di ketiga pesantren ini telah memberikan implikasi positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran di pesantren, termasuk dalam meningkatkan prestasi santri, baik di bidang akademik maupun non akademik. Transformasi digital ini juga berimplikasi positif terhadap perubahan sosial santri baik dalam belajar, berkomunikasi dan bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam
Depositing User: Rouf Rouf
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:28
Last Modified: 25 Apr 2025 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17049

Actions (login required)

View Item View Item