Muchasan, Ali (2025) Inovasi Pendidikan Berbasis Integrasi (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang). Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
22531005_prabab.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (877kB) |
![]() |
Text
22531005_bab1.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (822kB) |
![]() |
Text
22531005_bab2.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (1MB) |
![]() |
Text
22531005_bab3.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (538kB) |
![]() |
Text
22531005_bab4.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (1MB) |
![]() |
Text
22531005_bab5.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (404kB) |
![]() |
Text
22531005_bab6.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (363kB) |
![]() |
Text
22531005_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (426kB) |
![]() |
Text
22531005_sp.pdf Restricted to Registered users only until April 2026. Download (193kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan terkait kualitas dan relevansi di era global. Sebagai solusi, inovasi pendidikan berbasis integrasi menjadi penting. Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang menawarkan model inovatif ini, menggabungkan pendidikan agama dan sains untuk mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing global. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Integrasi Ilmu di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang (2) Bagaimana integrasi kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang (3) Bagaimana pelaksanaan integrasi pendidikan di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori dari Prof Agus Purwanto tentang integrasi ilmu berbasis filosofi tauhid, John Dewey yang menekankan pendidikan berbasis pengalaman, Teori Sistem Pendidikan oleh Ludwig von Bertalanffy, serta Fazlur Rahman yang menekankan relevansi pendidikan agama dalam konteks modernitas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Konsep Keilmuan Integrasi Ilmu di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang, (2) Untuk mengetahui integrasi kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang, (3) Untuk mengetahui pelaksanaan integrasi pendidikan di Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menerapkan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dengan menggunakan pola interaktif dari Huber dan Miles dengan melibatkan tiga tahap: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan/ verifikasi kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan temuan menggunakan kriteria yang disarankan oleh Lincoln dan Guba yaitu: (1) kredibilitas, (2) transferabilitas, dan (3) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep Integrasi ilmu di Pondok Pesantren Sains Tebuireng menghubungkan agama dan sains untuk membentuk santri cerdas secara spriritual (2) Integrasi kurikulum di Pondok Pesantren Sains Tebuireng menggabungkan sains, agama, dan bahasa dengan pendekatan ayat kauniyah. (3) Integrasi pendidikan di pesantren melibatkan kolaborasi guru agama dan sains, menggunakan metode interaktif dan evaluasi berbasis sains agama. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan antara agama dan sains dapat menjadi solusi penting dalam mengatasi tantangan pendidikan di era globalisasi. Dukungan dari pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat diperlukan untuk memperluas model integrasi ini di berbagai pesantren dan lembaga pendidikan lainnya di Indonesia. Kata Kunci: Inovasi Pendidikan, Integrasi, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam |
Depositing User: | ALI MUCHASAN |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:36 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |