Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Kediri

Wati, Rizka Inka (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130413_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932130413_BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932130413_BAB II.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932130413_BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932130413_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
932130413_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
932130413_BAB VI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932130413_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932130413_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi Belajar adalah “penilian pendidikan tentang kemajuan murid dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau ketrampilan yang dinyatakan dalam hasil penilian“. Guru Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didikagar senantiasadapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: 1. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kediri. Dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri? dan 2. Apa faktor yang mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri? dan 3. Apa faktor yang menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalammeningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Memberi motivasi siswa 2) Pembentukan karakter siswa.3) Menanamkan keimanan siswa. 2. Faktor yang mendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Tersedianya sarana dan prasarana serta fasilitas yang lengkap berbasis teknologi. 2) Input siswa berkualitas. 3) suasana kelas bersih dan nyaman.4. Faktor yang penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Adanya sebagian orang tua dari siswa yang kurang mengerti dan kurang perhatian dalam hal tugas pelajaran anaknya di sekolah. 2) Perlunya ketelitian dan harus selektif ketika menilai hasil tugas dari semua siswa. 3) Perlunya dana atau biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:14
Last Modified: 22 Oct 2020 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item