Evaluasi Program Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun 2017/2018

Wulandari, Freida Tri (2018) Evaluasi Program Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133714_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932133714_BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932133714_BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
932133714_BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932133714_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
932133714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
932133714_BAB VI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932133714_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932133714_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Shalat merupakan bagian tertinggi dalam agama Islam setelah tauhid. Ibarat kepala dalam susunan organ tubuh, manusia tak bisa hidup tanpanya. Begitu pula dengan agama, ia tak bisa hidup tanpa shalat. Adapun ibadah shalat yang lebih utama yaitu dilakukan dengan berjamaah. Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang program shalat dhuhur berjamaah merupakan program yang positif, yang diharapkan mampu memberikan dampak besar dalam peningkatan keimanan, menjadikan siswa lebih giat dalam beribadah, dan memupuk rasa disiplin. Adapun fokus penelitian ini: Bagaimana context, input, process, dan product program shalat dhuhur berjamaah di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara: pengumpulan data, reduksi data (mengolah data), menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, verifikasi atau menyimpulkan data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan melakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Berdasarkan komponen context, program shalat dhuhur berjamaah ini sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Alasannya antara lain karena program shalat dhuhur berjamaah tersebut merupakan program wajib dari sekolah. Adapun pada program yang positif ini juga terdapat lingkungan yang sejuk, serta tujuan dan manfaat program (2) pada komponen input atau masukan terdapat perencanaan dan penjadwalan, sumber daya manusia (guru dan siswa), sarana prasarana dan pembiayaan (dana atau anggaran) (3) pada komponen process menunjukkan program shalat dhuhur berjamaah belum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, masih ada beberapa komponen yang menghambat proses pelaksanaan dan masih ditemui kendala (4) pada komponen product atau hasil. berdasarkan perhitungan true score untuk kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang dikategorikan baik dengan rata-rata 25,35. Sedangkan untuk ketaatan beribadah siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 43,25.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:52
Last Modified: 22 Oct 2020 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item