Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Jujur Dan Tanggung Jawab Melalui Sistem Poin Pada Siswa Siswi SMP Negeri 1 Semen

SURYANA, WINDA (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Jujur Dan Tanggung Jawab Melalui Sistem Poin Pada Siswa Siswi SMP Negeri 1 Semen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II print.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA perbaikan.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini kita ketahui banyak kejadian atau kasus yang menitikberatkan tentang bagaimana sopan santun peserta didik terhadap pendidik di lingkungan sekolah. Kasus dalam dunia pendidikan seringkali mengenai siswa yang tidak hormat dengan gurunya, kekerasan, hingga tindak asusila. Dalam hal ini, perlu adanya benteng pertahanan untuk menjadikan peserta didik lebih terkontrol sikapnya. Dengan program-program dan budaya yang ada di SMP Negeri 1 Semen ini diharapkan mampu memupuk sifat religiusitas kepada peserta didiknya agar kasus-kasus dalam dunia pendidikan tidak terjadi di SMP Negeri 1 Semen ini. Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mengetahui upaya-upaya guru dalam menanamkan karakter religius jujur dan tanggung jawab kepada siswa SMP Negeri 1 Semen, untuk mengetahui budaya-budaya religius apa saja yang ada di SMP Negeri 1 Semen, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari adanya penanaman karakter religius jujur dan tanggung jawab di SMP Negeri 1 Semen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Negeri 1 Semen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Populasi dari penelitian ini yakni mengambil salah satu sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Kediri dengan total siswa 936 dan lebih dari 40 tenaga pendidik yang ada di SMP Negeri 1 Semen ini. Tentu penelitian ini berkaitan dengan seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Semen karena budaya dan programprogramnya di dedikasikan untuk seluruh warga SMP Negeri 1 Semen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasanya penanaman karakter religius jujur dan tanggung jawab melalui sistem point yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam ini benar-benar menghasilkan peserta didik yang jujur dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan, Sistem poin, religius.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:55
Last Modified: 21 Oct 2020 04:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item