Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di LP TPQ Nurul Hikmah Ngetrep Kurungrejo Prambon Nganjuk

Azizah, Nur (2018) Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di LP TPQ Nurul Hikmah Ngetrep Kurungrejo Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101214_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101214_BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932101214_BAB II.pdf

Download (791kB)
[img] Text
932101214_BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932101214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
932101214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
932101214_BAB VI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932101214_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932101214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi dari banyak metode membaca Al-Quran yang cenderung konvensional, yaitu dengan nada lurus sehingga terkesan monoton yang berdampak pembelajaran kurang dapat diminati oleh siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Membaca Al-Quran menggunakan metode tilawati lebih menyenangkan dan dengan nada-nada tilawah, serta penerapan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan tehnik baca simak sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat tuntas dan khatam dalam membaca Al-Quran. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Quran metode tilawati di LP TPQ Nurul Hikmah Ngetrep Kurungrejo Prambon Nganjuk. (2) Mengetahui penerapan metode tilawati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di LP TPQ Nurul Hikmah Ngetrep Kurungrejo Prambon Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferability, depenablity dan konfirmability. Hasil penelitian ini memngungkapkan pelaksanaan pembelajaran Al-Quran metode tilawati di LP TPQ Nurul Hikmah sudah tersistem dengan baik dan terperinci, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Karena adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang baik dari metode tilawati tersebut. Penerapan metode tilawati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di LP TPQ Nurul Hikmah, karena beberapa faktor: disampaikan secara praktis, menggunakan lagu tilawati, diajarkan secara klasikal, tersedianya sarana bagi santri, penerapan sistem munaqasyah, motivasi belajar dalam mengikuti acara “jambore santri tilawati”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:46
Last Modified: 21 Oct 2020 04:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item