KHOIRUNNI’MAH, KHOIRUNNI’MAH (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pengelolaan Kegiatan Extrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Di SMPN 5 Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201162_prabab.pdf Download (631kB) |
|
Text
20201162_bab1.pdf Download (286kB) |
|
Text
20201162_bab2.pdf Download (290kB) |
|
Text
20201162_bab3.pdf Download (218kB) |
|
Text
20201162_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
20201162_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
20201162_bab6.pdf Download (121kB) |
|
Text
20201162_daftarpustaka.pdf Download (183kB) |
Abstract
KHOIRUNNI’MAH. Dosen Pembimbing DR. IWAN MARWAN, M.HUM. dan M. NABIL KHASBULLAH, S.EI, M.PD.I., Peran Guru Dalam Pengelolaan Extrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 5 Kota Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Peran guru, Pengelolaan Extrakurikuler, Tahfidz Al-Qur’an Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci agama yang dihafal oleh jutaan orang. Dalam menghafal Al-Qur’an akan menghadapi kesulitan. Namun, kesulitan dapat diatasi dengan metode yang tepat, untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an dan akan menghasilkan hasil yang luar biasa dan memuaskan. Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) memiliki peran penting dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al Qur'an di sekolah, yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran agama Islam melalui hafalan Al Qur'an. Oleh karena itu masalah yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru PAI dalam Perencanaan Kegiatan Extrakulikuler Tahfidz Al Qur’an Di SMPN 5 Kota Blitar (2) Bagaimana Peran Guru PAI dalam Pelaksanaan Kegiatan Extrakurikuler Tahfidz Al Qur’an Di SMPN 5 Kota Blitar (3) Bagaimana Peran Guru PAI dalam Evaluasi Kegiatan Extrakulikuler Tahfidz Al Qur’an Di SMPN 5 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini berupa, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan juga sumber data sekunder. Data primer yaitu didapatkan dengan wawancara terhadap kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Peran guru dalam perencanaan extrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 5 yaitu sebagai organisator dan fasilitator, meliputi: menyeleksi siswa extrakurikuler kriteria siswa, waktu extrakurikuler, materi yang akan digunakan, sarana dan prasarana yang digunakan. (2) Peran guru dalam pelaksanan yaitu guru sebagai edukator dan juga motivator, yang meliputi metode yang digunakan dalam extrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an, Melaksanakan kegiatan extrakurikuler dan target hafalan , (3) Peran guru dalam evaluasi yaitu sebagai evaluator. terdapat beberapa macam diantaranya, evaluasi harian, evaluasi tiap akhir semester serta program monitoring.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoirunn'mah Khoirunn'mah |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16319 |
Actions (login required)
View Item |