Upaya Pengembangan Fitrah Peserta Didik Di RA Nurul Faizah Rejomulyo Kota Kediri

Suryana, Inna (2017) Upaya Pengembangan Fitrah Peserta Didik Di RA Nurul Faizah Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125713_prabab.pdf

Download (605kB)
[img] Text
932125713_bab1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932125713_bab2.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932125713_bab3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932125713_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
932125713_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
932125713_bab6.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932125713_daftarpustaka.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932125713_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitrah merupakan potensi yang ada pada diri setiap orang, ketika anak dilahirkan sudah pasti mempunyai potensi dalam dirinya, potensi tersebut yang akan membawa hidup seorang anak kedepannya. Potensi pada anak tersebut akan berkembang atau hanya diam saja, tergantung oleh orangtua, guru, atau lingkungan tempat tinggalnya. Guru meruapakan salah satu orang yang termasuk bisa mengembangkan fitrah yang ada pada diri seoranga anak, untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengembangkan fitrah peserta didiknya khususnya di RA Nurul Faizah,di RA Nurul Faizah seorang siswa diberi kebebasan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, maka dari itu peneliti mengembil fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana upaya pengembangan fitrah peserta didik di RA Nurul Faizah Kota viiKediri 2.) Apa kendala pengembangan fitrah peserta didik di RA Nurul Faizah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,yaitu suatau prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, dan menarik kesimpulan. Tahap terakhir pengecekan keabsahan data dengan melakukan ketekunan dalam pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Berdasarkan indikator yang diambil oleh peneliti yaitu pengembangan fitrah berdasarkan dimensi fisik (jasmani), akal, keberagamaan, akhlak, rohani (kejiwaan), seni (keindahan), dan sosial. Untuk upaya yang dilakukan oleh RA Nurul Faizah yaitu dengan cara melalui proses pembelajaran, interaksi sosial, dan kegiatan-kegiatan lain yang sudah diagendakan oleh sekolah. Dengan melalui cara tersebut diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik. Sedangkan kendala yang dialami oleh setiap dimensi dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya lingkungan yang kurang mendukung, fasilitas yang kurang terpenuhi, dan kurangnya dukungan dari orangtua untuk anaknya biar semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: repo upload
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:16
Last Modified: 15 Jan 2025 02:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item View Item