Zulfikar, Eria (2017) Manajemen Kurikulum Program Keterampilan (Vocational Skill) Di MAN Kediri 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932116413 prabab.pdf Download (665kB) |
![]() |
Text
932116413 bab1.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
932116413 bab2.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text
932116413 bab3.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
932116413 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
![]() |
Text
932116413 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
![]() |
Text
932116413 bab6.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
932116413 daftar pustaka.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
932116413 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Adanya anak lulusan sekolah tingkat SMA yang tidak melanjutkan pendidikan, membuat mereka banyak yang menjadi pengangguran. Ilmu yang diraih selama mengenyam pendidikan sirna begitu saja bila tanpa dibekali dengan kemampuan berketerampilan. Karena faktor tersebut dan demi meningkatkan kualitas lulusan, MAN Kediri II Kota Kediri menyelenggarakan program keterampilan untuk peserta didiknya, dengan tujuan setelah lulus nanti dapat dijadikan bekal untuk bekerja ataupun bekal hidup bermasyarakat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui konsep dan penerapan manajemen kurikulum program keterampilan di MAN Kediri II Kota Kediri tahun pelajaran 2017-2018 serta dampak adanya program kurikulum pada madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus, dengan mengambil latar belakang di MAN Kediri II Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diseleksi dan dianalisis melalui 3 cara yaitu reduksi data, menyajikan data sesuai pokok bahasan, dan menyimpulkan data. Pemeriksaan data dengan ketekunan penelitian dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Konsep manajemen kurikulum program keterampilan mengacu pada Perdirjen Pendis No. 1023 Tahun 2016 serta Permendikbud No. 20, 21, 22, 23, 24 Tahun 2016. 2) Penerapan manajemen kurikulum program keterampilan dilaksanakan oleh pihak-pihak pengelola kurikulum melalui 3 tahap yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) Dampak adanya keterampilan di MAN Kediri II Kota Kediri adalah menjadikan madrasah unggul dan unik dibanding madrasah /sekolah lain serta menjadi kelengkapan pembelajaran di madrasah selain pembelajaran agama dan pembelajaran ilmu umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | repo upload |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:26 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |