Hasan, - (2018) Efektivitas Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137114_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932137114_BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
932137114_BAB II.pdf Download (326kB) |
|
Text
932137114_BAB III.pdf Download (303kB) |
|
Text
932137114_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
932137114_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932137114_BAB VI.pdf Download (90kB) |
|
Text
932137114_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text
932137114_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kedisiplinan adalah suatu sikap yang taat dan patuh pada aturan yang berlaku. dalam lembaga pendidikan terutama sekolah peraturan/tata tertib adalah sebuah alat yang mana dengan adanya peraturan seluruh siswa dan juga warga didalamnya dapat hidup disiplin. karena kedisiplinan sangan penting dalam menjalani hidup, dan salah satu cara hidup sukses itu adalah dengan disiplin. pada dasarnya setiap sekolah memiliki peraturan, dan bukan berarti ada pelaturan tidak ada pelanggaran, justru adanya pelaturan akan ada pelanggaran, untuk berjalannya suatu aturan maka dibutuhkan TIM keamanan atau TIM ketertiban dengan tujuan untuk mengawasi dan menjalankan peraturan yang telah dibuat. penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan peraturan sekolah di SMA NEGERI 6 Kota Kediri 2) Efektivitas pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA NEGERI 6 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana dengan penelitian ini peneliti akan menggambarkan tentang pelaksanaan peraturan sekolah dan Efektivitas pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Dalam pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data juga dilakukan dengan membuat gambaran secara sistematis melalui paparan data, tahap penyusunan dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1). Pelaksanaan peraturan sekolah di SMA NEGERI 6 Kota Kediri ini telah mengguanakan poin disetiap pelanggaranya, dan ada juga hukuman secara langsung berupa membersihkan halaman sekolah bagi siswa yang terlambat datang, dua kali terlambat datang maka siswa harus membuat surat pernyataan yang akan ditanda tangani Siswa sendiri, Orang Tua, Wali Kelas, Koordinator BK/Guru BK, Koordinator Tatib, Waka Kesiswaan dan kepala sekolah. 2). Efektivitas pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa di SMA NEGERI 6 Kota Kediri ini berjalan dengan baik sesuai tata tertib yang telah disepakati, tetapi harus tetap ditingkatkan karena masih ada siswa yang belum bisa mentaati peraturan seperti datang terlambat, membawa kosmetik, memakai pakaian tidak sesuai, bolos jam pelajaran atau bolos dari rumah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa efektivitas pelaksanaan ada yang efektif dan ada juga yang belum. Siswa yang terkena hukuman atau siswa yang telah membuat surat pernyataan mereka menyesal atas pelangaran yang telah mereka perbuat. Angka pelanggaran tertinggi jatuh pada bulan Januari 2018 dan yang terendah jatuh pada bulan April 2018.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 03:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1620 |
Actions (login required)
View Item |