Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Dan Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII Di MTs. Manba’ul Afkar ds. Sendang kec. Banyakan kab. Kediri

Sholli, Umar (2020) Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Dan Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII Di MTs. Manba’ul Afkar ds. Sendang kec. Banyakan kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932106913_Pra Bab.pdf

Download (818kB)
[img] Text
932106913_Bab 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932106913_Bab 2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932106913_Bab 3.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932106913_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
932106913_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
932106913_Bab 6.pdf

Download (83kB)
[img] Text
932106913_Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932106913_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dilapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis peneliannya adalah studi kasus. Tekhnik pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Menganalisa data menggunakan deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan), serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Berangkat dari latar belakang inilah kemudian dalam penelitian ini, diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba’ul Afkar Ds. Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. (2) Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba’ul Afkar Ds. Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman nilai karakter disiplin melalui kegiatan pramuka, di MTs. Manba’ul Afkar (a) dengan mengajak dan memberi contoh siswa, maka bisa menjadi kebiasaan siswa (b) kendala dalam melaksanakan karakter disiplin, belum mengerti kegunaan disiplin, dan kurangnya motivasi untuk melakukannya (c) metode pembinaan/pelaksanaan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter disiplin dengan disertai pengawasan dan evaluasi dengan diberikannya peringatan, hukuman, untuk yang melanggar peraturan/tatatertib dan juga pujian/hadiah untuk yang mematuhi peraturan dan yang memenangkan suatu perlombaan (2) Penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan pramuka di MTs. Manba’ul Afkar, (a) Mengajak dan memberi contoh, selain mengajak, guru juga melaksanakannya untuk memberi contoh (b) Kendala dalam melaksanakan karakter religius. Berbeda-bedanya asal-usul siswa menjadikan pemahaman yang berbeda-beda. (c) metode pembinaan/pelaksanaan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius, dengan disertai pengawasan dan evaluasi disertai dengan diberikannya peringatan, hukuman, untuk yang tidak ikut beberapa kali dalam melaksanakan sholat jamaah di Masjid, bagi siswa yang telah berhasil dan mendapat prestasi dalam perlombaan juga mendapat hadiah, dan juga pujian untuk memotivasi siswa siswi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:58
Last Modified: 21 Oct 2020 01:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item