Nativa, Chawa (2020) Peran Guru Ekstra Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Tilawatil Qur’an Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa MA Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932110416_Pra Bab.pdf Download (626kB) |
|
Text
932110416_Bab 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
932110416_Bab 2.pdf Download (352kB) |
|
Text
932110416_Bab 3.pdf Download (199kB) |
|
Text
932110416_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
932110416_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
932110416_Bab 6.pdf Download (236kB) |
|
Text
932110416_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) |
|
Text
932110416_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru adalah seseorang yang memberikan ilmu kepada peserta didik agar menjadi manusia yang bermanfaatbaik untuk kehidupan diri sendiri maupun untuk kehidupan masyarakat. Dalam dunia pendidikan guru tidak hanya memberikan bekal yang berkaitan dengan pengetahuan. Tetapi harus memberikan ketrampilan yang berguna bagi kecakapan hidup atau life skill peserta didik. Untuk menunjang itu semua di perlukan adanya guru ekstrakurikuler yang bertugas sebagai pendidik tambahan yang mengajarkan materi diluar jam pelajaran untuk menggembangkan ketrampilan berupa bakat, potensi dan minat peserta didik agar nantinya berguna bagi kehidupan setelah lulus dalam satuan pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan Tilawatil Qur’an di MA Ma’arif Udanawu Blitar?,(2) Bagaimana peran guru ekstra dalam menumbuhkan motivasi belajar Tilawatil Qur’an melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa MA Ma’arif Udanawu Blitar?,(3) Apa faktor yang berpengaruh dalam menumbuhkan motivasi belajar Tilawatil Qur’an melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa MA Ma’arif Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru ekstra dalam menumbuhkan Motivasi belajar Tiawatil Qur’an melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa MAMa’arif Udanawu Blitar diperoleh hasil sebagai berikut :(1)Langkah-langkah pelaksanaan Tilawatil Qur’an di terapkan melalui adab (berwudhu, menghadap kiblat, membaca ta’awudz, suci pakaian, dan tempat), lagu (bayati, hijaz,, jibarkah nahawan, sika, saba’ dan rast) dan suara (alto, sopran, tenor, dan bas.(2)Peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Tilawatil Qur’an dilakukan dengan memberikan pujian, penilaian, memperjelas tujuan yang hendak di capai serta memperlihatkan kemahiran di depan umum melalui lomba. (3) Faktor yang berpengaruh dalam menumbuhkan motivasi belajar yaitu faktor siswa (minat, kesadaran, kemampuan), guru (metode mengajar, kreativitas guru), Faktor lingkungan (siswa, orang tua dan sarana prasarana yang digunakan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 01:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 01:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1612 |
Actions (login required)
View Item |