Rohmah, Alfi Nur (2019) Implementasi Pendidikan Life Skill Pada Anak Asuh di Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri Ar Risalah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113115_PRA BAB.pdf Download (668kB) |
|
Text
932113115_BAB I.pdf Download (335kB) |
|
Text
932113115_BAB II.pdf Download (268kB) |
|
Text
932113115_BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
932113115_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932113115_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
932113115_BAB VI.pdf Download (169kB) |
|
Text
932113115_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text
932113115_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
bentuk dari pendidikan ialah pendidikan life skill. Tujuan dari pendidikan life skill ialah mengajarkan anak didik agar memiliki berbagai keterampilan, memiliki karakter yang baik dan cara berfikir yang positif sehingga mereka siap menghadapi dunia luar. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apa saja pendidikan life skill di LKSA Putri Ar Risalah, bagaimana peran lembaga dalam meningkatkan kemampuan life skill anak asuh dan apa saja hambatan yang dialami lembaga dalam pelaksanaan life skill. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumenasi. Untuk mennganalisis data dilakukan dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pendidikan life skill yang diajarkan terbagi menjadi dua yaitu spesifik life skill (merajut, kaligrafi, handycraft dan qiro’ah) dan general life skill (muhadhoroh, tahfizdul Qur’an, diniyah, pembelajaran mandiri, dan pemberian tugas piket harian. 2) Peran yang dilakukan lembaga dalam meningkatkan kemampuan life skill anak asuh diantaranya ialah, mengadakan berbagai pendidikan keterampilan, memanggil guru-guru yang ahli sesuai bidang keterampilannya, menyediakan berbagai fasilitas penunjang keterampilan, membuat daftar piket, mengadakan pendidikan diniyah dan sholat berjamaah serta penanaman hidup mandiri bagi setiap anak asuh di dalam asrama. 3) Hambatan yang dialami lembaga dalam pelaksanaan pendidikan life skill yaitu kemampuan anak yang berbeda-beda, belum adanya standar penilaian kualitas kemampuan life skill pada anak asuh, dan anak-anak yang kurang tertib dalam melaksanakan berbagai kegiatan di asrama.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 06:06 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 06:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1611 |
Actions (login required)
View Item |