Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung

SETIOWATI, INDAH (2017) Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Cover SKRIPSI_10. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
18. Daftar Riwayat_surat ket. penelitian dari MTsN JK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an berfungsi sebagai pelajaran bagi manusia, pedoman hidup bagi setiap muslim, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya guru dalam mengarahkan dan meningkatkan pendidikan sangat diperlukan dalam kelancaran dan meningkatkan keberhasilan belajar baca dan tulis Al-Qur’an. Masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung, 2) Bagaimana Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung? dan 3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan dan trianggulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Kemampuan siswa dalam baca dan tulis Al-Qur’an di MTsN Jombang Kauman Kepung diantaranya: Kemampuan dalam melafalkan Makharijul Huruf, membaca Al-Qur’an secara tartil, kemampuan dalam menulis huruf terpisah dan disambung, 2) Upaya yang dilakukan antara lain: adanya jam khusus bimbingan BTQ, program pembiasaan, menggunakan metode yang bervariasi dan guru bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memotivasi belajar mengaji di TPQ, Mushola, maupun pondok, sedangkan 3) Faktor pendukung uapaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: adanya sarana prasarana, keberadaan guru yang berkembang dan memenuhi kriteria, motivasi dan peran orang tua, kemampuan siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, 4) faktor penghambat upaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: faktor perkembangan negatif teknologi seperti (HP, TV dan Internet), dan jam pelajaran Al-Qur’an Hadits terbatas, kurang adanya minat dan motivasi siswa, kurang adanya motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga untuk belajar membaca Al-Qur’an, serta cara bergaul siswa di sekolah maupun dilingkungan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:14
Last Modified: 12 Feb 2019 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item