Nafisa, Riski (2020) Penerapan Program Kajian Kitab Tauhid Nazam Aqidatul Awwam Dalam Penanaman Nilai Aqidah Siswa Di Mi Nidhomiyah Kwadungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932106316_Pra Bab.pdf Download (733kB) |
|
Text
932106316_Bab 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
932106316_Bab 2.pdf Download (267kB) |
|
Text
932106316_Bab 3.pdf Download (80kB) |
|
Text
932106316_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
|
Text
932106316_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
932106316_Bab 6.pdf Download (62kB) |
|
Text
932106316_Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
932106316_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perubahan-perubahan dan munculnya penyimpangan akhlak menjadi suatu problem yang besar di era sekarang. Karena pada dasarnya hal pertama adalah terkait dengan dalam diri seseorang adalah terkait sebuah aqidah dan pengaplikasiaanya kedalam suatu perbuatan/akhlak. Dalam hal ini, perlu adanya pendidikan yang memopang pada aqidah itu sendiri. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program kajian kitab tauhid akidatul awwam dalam penanaman nilai aqidah siswa di Mi Nidhomiyah Kwadungan Kediri? 2) Apakah terdapat suatu hambatan di dalam implementasi kajian program kajian kitab tauhid aqidatul awwam dalam penanaman nilai aqidah siswa di Mi Nidhomiyah Kwadungan Kediri?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif. Peneliti mengambil sebuah data dengan observasi di lokasi penelitian secara langsung, wawancara dan dengan cara dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti analisis dengan mengolah data yang sudah di perolah dan juga mengecek sumber data yang nantinya akan memperoleh data sebagai data yang valid. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti setelah melalui berbagai tahapan dalam pengumpulan data adalah bahwasanya 1). penerapan kajian kitab tauhid nazam aqidatul awwam membawa perubahan yang sangat baik yaitu menjadikan peserta didik bersalaman saat bertemu dengan guru, berbicara sopan waktu berbicara dengan guru, serta melihat sebagian besar siswa bertempat tinggal di sekitar sekolah berjamaah di masjid dan mengumandangkan adzan di luar waktu sekolah. 2). Hambatan yang diperoleh adalah dari pendidik dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi, adanya siswa belum siap atau tidak tepat waktu dalam mengikuti kajian ini, terkadang terdapat siswa yang tidak masuk dan tidak mengikuti kegiatan ini sehingga mengalami ketertinggalan dalam materi. Sedangkan hambatan lainya yaitu terdapat adanya orang tua yang menyerahkan pendidikan anaknya sepenuhnya pada sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 05:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 05:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1607 |
Actions (login required)
View Item |