Komodifikasi Sedekah Dalam Media Sosial Tiktok

Salsabiila, Vira (2024) Komodifikasi Sedekah Dalam Media Sosial Tiktok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933512319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933512319_bab1.pdf

Download (619kB)
[img] Text
933512319_bab2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
933512319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
933512319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933512319_bab5.pdf

Download (476kB)
[img] Text
933512319_daftar_pustaka.pdf

Download (484kB)
[img] Text
933512319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
933512319_sp.pdf

Download (246kB)

Abstract

Vira Salsabila, 2024. Komodifikasi Sedekah Dalam Media Sosial TikTok. Dosen Pembimbing Dr. Moh. Sofiyul Huda MF., M.Ag dan Lukman Hakim, M.Sos Kata Kunci : Komodifikasi, Sedekah dan Media Sosial TikTok Media sosial telah menjadi bagian dari media baru yang sangat interaktif. Salah satu fenomena menarik yang muncul seiring dengan adanya media sosial adalah perubahan tatanan media, terutama dalam hal kepemilikan media, yang awalnya dikuasai oleh sekelompok kecil orang, kini menjadi terdesentralisasi. Selain digunakan sebagai alat untuk memudahkan komunikasi, ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana mencari keuntungan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Eksploitasi sedekah sebagai komoditas dalam media TikTok ini juga sedang menjadi topik perdebatan di kalangan masyarakat, terutama di kalangan ulama. Komodifikasi konten sedekah merujuk pada proses di mana tindakan amal, seperti memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, diubah menjadi konten yang dikonsumsi oleh khalayak luas. Konten ini kemudian dimonetisasi melalui berbagai cara seperti iklan, sponsor, dan endorsement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis konten video TikTok dari akun @richadputraofficials mengenai komodifikasi sedekah, dengan tujuan menggali dan memahami aspek tersembunyi di balik fenomena tersebut. Analisis ini tidak terikat pada lokasi spesifik, karena data yang dikumpulkan berasal dari berbagai sumber, termasuk rekaman video TikTok sebagai data primer dan literatur, artikel, serta jurnal sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan studi pustaka, memungkinkan peneliti untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang bentuk dan proses komodifikasi sedekah di media sosial TikTok. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada akun @richardputraofficials mengemas konten di TikTok yang melibatkan negosiasi dengan target untuk menukarkan barang tanpa biaya dan menghasilkan uang melalui barter, serta menarik simpati dengan dalih sedekah, guna mengundang lebih banyak viewer. Meskipun konten ini dapat meningkatkan kesadaran dan inspirasi, ada risiko eksploitasi dan ketulusan yang dipertanyakan, sehingga perlu kerja sama antara kreator, platform, dan pengguna untuk menciptakan ekosistem konten yang etis dan berkelanjutan. Pemilik akun, Richard Putra, tidak hanya berperan sebagai kreator tetapi juga sebagai talent, menjadikannya komoditas dalam eksploitasi sedekah yang dilakukannya, sementara penonton juga turut mengontrol isi konten, menunjukkan adanya komodifikasi audiens.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vira Salsabila
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:16
Last Modified: 13 Dec 2024 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item