Optimalisasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Gurah

Ulwiyyah, - (2019) Optimalisasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125715_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125715_BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932125715_BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932125715_BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932125715_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
932125715_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
932125715_BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932125715_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932125715_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125715_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk membahas mengenai program literasi dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam, terutama di SMPN 2 Gurah. Literasi adalah kemampuan dalam hal membaca, menulis, memahami, menelaah, mengungkapkan, berbicara dan lain sebagainya. Dari sini literasi memiliki peran yang sangat penting. Mengingat bahwa perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Dengan teknologi berbagai berita dan informasi, bisa dengan cepat diterima banyak orang. Namun, tidak jarang media ini dijadikan sebagai media untuk menyebarkan berita atau informasi yang tidak benar, atau biasa disebut dengan berita hoax. Terlebih apabila itu membahas tentang agama. Sehingga akan banyak yang mendapat kerugian atau kesalahpahaman. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan dalam hal membaca dengan seksama kemudian menganalisisnya, menulis dengan memperhatikan kebenaran dan ejaan yang disempurnakan, hingga mengunggah informasi dengan memperhatikan banyak sisi. Dalam skripsi ini akan dijelaskan tentang program literasi sekolah, literasi membaca dan literasi menulis. Mengenai program literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gurah ini diwujudkan dalam bentuk taman literasi, taman literasi ini sifatnya mengajak semua warga sekolah untuk gemar membaca. Selanjutnya tentang literasi membaca. Literasi membaca ini berupa membaca dan menyimak bersama dikelas, membaca dan menggali informasi ke sumber bacaan dan membaca wajib lima belas menit sebelum masuk waktu pelajaran dimulai. Adapun mengenai literasi menulis ini diwujudkan dalam bentuk tulisan penugasan. Seperti membuat laporan tertulis terkait kegiatan pada waktu-waktu tertentu, serta membuat karangan terkait materi pelajaran yang akan dibahas bersama didalam kelas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar, terutama pelajaran pendidikan agama Islam, diperlukan keterampilan membaca untuk memahami dan menganalisis tentang pendidikan agama Islam yang sesunggunya dan keterampilan menulis agar sebuah tulisan menjadi informasi yang benar-benar dapat memberi pencerahan agama untuk orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) ; Kurikulum dan Pedagogi Bahasa Inggris dan Literasi
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:15
Last Modified: 20 Oct 2020 04:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item