Puspita Sari, Nafida Yusrin (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif Ddalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Materi Tubuhku Kelas 1A Di SDNU Darussalam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932600119_prabab.pdf Download (331kB) |
|
Text
932600119_bab1.pdf Download (601kB) |
|
Text
932600119_bab2.pdf Download (4MB) |
|
Text
932600119_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932600119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932600119_bab5.pdf Download (433kB) |
|
Text
932600119_daftar_pustaka.pdf Download (430kB) |
|
Text
932600119_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
932600119 Pernyataan Persetujuan Publikasi_Nafida Yusrin Puspita Sari.pdf Download (120kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar agar kegiatan pembelajaran dapat efektif dan efisien. Berdasarkan observasi siswa di SDNU Darussalam terdapat suatu permasalahan pada proses belajar mengajar yaitu siswa sulit menerima dan mengingat pembelajaran tematik. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal yakni hanya menggunakan buku guru sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di SDNU Darussalam melalui pengembangan media pembelajaran menggunakan media video interaktif guna meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation. Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas 1 A SDNU Darussalam. Menggunakan teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif sebagai penunjang data yang ada dilapangan. Penelitian ini telah menunjukan hasil yang signifikan dalam Instrumen penelitian Media Video Interaktif telah diuji kelayakan melalui uji materi ke 1 dan ke 2 dengan perolehan nilai sebesar 57.5% kategori kurang layak dan uji kelayakan dengan ahli media ke 1 dengan perolehan nilai sebesar 93,75% kategori sangat layak dan ahli media ke 2 dengan perolehan nilai sebesar 87,5% digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil efektifitas dari hasil pre-test dan post-test mencapai 0,8120 yang berarti efektivitas tinggi. Dari hasil yang ditunjukan bahwa adanya pengaruh peningkatan daya ingat siswa tentang nama-nama anggota tubuh terhadap penggunaan media video interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NAFIDA YUSRIN PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15860 |
Actions (login required)
View Item |