DEWI, IKA ZULIANA (2017) Studi Komparatif Implementasi Metode AnNahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQTarbiyatul Mubtadi-Ien Kediri Dan TPQ Daarul MusthofamTulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1.Cover Skripsi_6. Halaman Pra BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (243kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (84kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
12. BAB VI.pdf Download (52kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) |
|
Text
14. Profil Penulis_16. Lembar Persetujuan Unggah Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu usaha untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an. Salah satu unsur yang dapat membantu tercapainya usaha tersebut adalah dengan memilih metode pembelajaran Al-Qur’an yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan metode pembelajaran Al-Qur’an memiliki peran yang tidak kecil bagi tercapainya tujuan tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih lanjut tentang (1) implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri. (2) implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. (3) persamaan dan perbedaan implementasi pembelajaran AlQur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Alasan peneliti memilih lokasi tersebut dikarenakan kedua TPQ tersebut memiliki kekhasan, kemenarikan, keunikan, dan sesuai dengan topik dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas: Kepala TPQ, Ustadz dan Ustadzah TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung, meliputi: perencanaan pembelajaran, tarjet yang akan dicapai dalam pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dalam pembelajaran. sedangkan untuk persamaan implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung, cukup signifikan sebab semua aspek hampir sama, sedangkan untuk perbedaan implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung terletak pada evaluasi dan kebijakan TPQ.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 02:46 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |