Nafiah, Ulfa Ulin (2020) Implementasi SKI (Standar Kompetensi Ibadah) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Religiusitas Siswa di MAN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932134515_Pra Bab.pdf Download (520kB) |
|
Text
932134515_Bab 1.pdf Download (240kB) |
|
Text
932134515_Bab 2.pdf Download (253kB) |
|
Text
932134515_Bab 3.pdf Download (162kB) |
|
Text
932134515_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
932134515_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text
932134515_Bab 6.pdf Download (4kB) |
|
Text
932134515_Daftar Pustaka.pdf Download (82kB) |
|
Text
932134515_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
Abstract
SKI merupakan salah satu intrakurikuler yang wajib dilaksanakan disetiap Madrasah (negeri dan swasta) sesuai dengan jenjang pendidikan yang ada di masingmasing lembaga yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kelemahan baca tulis al-qur’an dan ubudiyah. MAN 2 Nganjuk merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berusaha untuk menjadikan ibadah sebagai objek utamanya, hal ini sesuai dengan visi madrasah yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa. Sehingga, banyak sekali konsep-konsep yang berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan di dalamnya. Dalam hal ini mendorong penulis untuk mengkaji tentang implementasi SKI yang dilaksanakan di MAN 2 Nganjuk. Dalam hal ini, peneliti akan mendeskripsikan tentang: 1. Implementasi SKI di MAN 2 Nganjuk, dan 2. Peran SKI sebagai upaya peningkatan kualitas religiusitas siswa di MAN 2 Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti adalah instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan: 1. Tahap Perencanaan SKI (Standar Kompetensi Ibadah) dimulai dari terbitnya surat keputusan (SK) dari kepala sekolah tentang guru pembimbing dan penguji SKI yang ditujukan kepada semua guru, buku materi dan rapor penilaian SKI. Pelaksanaan SKI dilakukan setiap hari sesuai kesepakatan guru pembimbing dan penguji, harus tuntas sebelum ulangan semester. Materi SKI mencakup hafalan surat alquran, tahlil, istigosah, pidato/khutbah, dan doa. Sedangkan metode yang digunakan setoran hafalan dan praktik. Penilaian SKI mencakup kelancaran baik dalam hafalan maupun praktik. Adapun kriteria penilaiannya disesuaikan pada rapor SKI, 2. dengan penxerapan SKI tersebut mampu meningkatkan kualitas religiusitas siswa baik dari segi akidah, ibadah, amal, ihsan, dan ilmu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 05:21 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 05:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
View Item |