Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMAN 3 Kediri

Nisa, Fitriana Khoirun (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932105416_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932105416_Bab 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932105416_Bab 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932105416_Bab 3.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932105416_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
932105416_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
932105416_Bab 6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932105416_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932105416_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan kepribadian seseorang, melalui pendidikan di sekolah diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran dan menghilangkan perbedaan yang terjadi antar umat beragama. Melalui upaya-upaya penanaman nilai-nilai agama Islam, dapat memberikan pengetahuan dan bekal kepada peserta didik agar mampu menjadi kepribadian muslim yang utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui bagaimana proses tahapan-tahapan yang telah dikemukakan oleh Muhaimin, dalam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 3 Kediri, yang didalamnya terdiri dari tiga tahapan yaitu, transformasi, transaksi dan transinternalisasi. Dan juga untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 3 Kediri Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya yaitu Studi Kasus, yang dilakukan melalui tiga teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi analisis meliputi reduksi data, penyajian data, serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk lokasi penelitian berada di SMA Negeri 3 Kediri. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa internalisasi yang dilakukan oleh sekolah SMA Negeri 3 Kediri, melalui tiga tahapan yaitu 1) Tahapan transformasi dilakukan melalui pengetahuan yang disampaikan oleh guru-guru, ekstrakulikuler Ta’mir, amanat pembina upacara. 2) Tahapan transaksi dilakukan melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab. 3) Tahapan transinternalisasi dilakukan melalui kegiatan pembiasaan. 4) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 3 Kediri yaitu : a) faktor pendukung meliputi : kebijakan sekolah, dan pendidik. b) faktor penghambat meliputi : media masa dan Keluarga yang fanatik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Oct 2020 05:12
Last Modified: 19 Oct 2020 05:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item