Angrheini, Naal (2024) Penggunaan Aplikasi Game Kahoot Mata Pelajaran Ipa Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V DI MI Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Prabab.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (126kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20206105_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (56kB) |
Abstract
Peserta Didik Hasil belajar peserta didik memiliki peran yang penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas V Bapak Taufiq di MI Ihyaul Ulum, didapatkan informasi bahwa peserta didik kelas V tersebut memiliki hasil belajar yang cukup rendah. Rendahnya hasil belajar yang dimiliki peserta didik tersebut dikarenakan kurangnya inovasi dari pendidik. Pendidik hanya cenderung menggunakan media buku saja sehingga membuat peserta didik mudah bosan, dan hal itu akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan sebuah produk berupa penggunaan aplikasi interaktif berbasis game kahoot sebagai media pendukung saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada materi ekosistem. tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah untuk mengembangkan desain dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis game kahoot serta mengetahui apakah media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V khususnya di MI Ihyaul Ulum Dukun Gresik.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis eksperimen yang terdiri dari Implementasi, Evaluasi. Perhitungan analisis data produk menggunakan Uji N-Gain. Hasil validasi produk media pembelajaran dari ahli desain media mendapatkan skor presentase sebesar 70% yang berarti valid. Hasil validasi dari ahli materi pelajaran didapatkan skor 80% yang artinya valid serta guru kelas sebagai ahli pembelajaran memberikan skor sebesar 90% sehingga berada pada kualifikasi layak. Hasil dari penilaian juga didapatkan dari angket siswa pada uji pengguna perorangan mendapatkan skor 85% dengan hasil layak. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui nilai rata-rata pretest = 68,83 dan meningkat pada hasil posttest = 81,03 artinya pembelajaran dengan menggunakan media kahoot berbasis digital dapat dikatakan menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NAAL HIRA ANGRHEINI |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:24 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15707 |
Actions (login required)
View Item |