Pengembangan Kurikulum Berbasis Religi Untuk Membentuk Karakter Siswa (studi kasus program kelas keagamaan MTsN Kanigoro Kras Kediri

AZIZ, IBNU (2017) Pengembangan Kurikulum Berbasis Religi Untuk Membentuk Karakter Siswa (studi kasus program kelas keagamaan MTsN Kanigoro Kras Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah sebagai institusi pendidikan yang merupakan tempat proses pendidikan dilakukan, memiliki sistem yang kompleks dan dinamis. Oleh karena itu sekolah dipandang sebagai suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan. Dan diberdayakan agar dapat menghasilkan produk atau hasil secara optimal serta memiliki karakter yang religius. Dalam mengadakan perbaikan atau pengembangan kurikulum harus selalu memperhatikan perkembangan yang ada, agar benar-benar dapat maksimal untuk mencapai tujuannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk pengembangan kurikulum berbasis religi di MTsN Kanigoro, 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum berbasis religi di MTsN Kanigoro, 3) Apa dampak pengembangan kurikulum berbasis religi di MTsN Kanigoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara (interview), observasi (observation), dan dokumen (document). Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tekhnik analisis dan model interaktif, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, Triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Bentuk pengembangan kurikulum berbasis religi di MTsN Kanigoro di terapkan dalam bentuk program kelas keagamaan; (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis religi di MTsN Kanigoro dilaksanakan dalam program kelas keagamaan, yang mana siswa yang mengikuti kelas keagamaan diwajibkan tinggal di ma’had dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah terjadwal, seperti solat berjamaah, Ta’lim Ad-Diniyah, tahfidz Al-Quran, (3) Dampak pengembangan kurikulum berbasis religi terhadap karakter siswa : a) Meningkatkan nilai religius siswa, b) Meningkatkan sikap mandiri siswa, c) Meningkatkan Sikap disiplin siswa, d) Meningkatkan sikap tanggung jawab dan pantang menyerah siswa, e) Meningkatkan sikat hormat dan santun, f) Meningkatkan percaya diri, kreatif dan inovatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 12 Feb 2019 00:55
Last Modified: 12 Feb 2019 00:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item