Imania, Kamila Asfarin (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Soft Skill Siswa (Studi Kasus Di Smp Negeri 3 Kota Batu). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
prabab_932131914.pdf Download (204kB) |
|
Text
932131914_BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
932131914_BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
932131914_BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
932131914_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
932131914_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
932131914_BAB VI.pdf Download (64kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI _KAMILA ASFARIN_932131914.pdf Download (437kB) |
Abstract
Pendidikan soft skill menjadi kebutuhan urgent dalam dunia pendidikan yang meliputi bagaimana anak mampu terampil dalam menerapkan menejemen diri (berkomunikasi, memimpin, mengembangkan diri dan dapat berinteraksi dan membina hubungan dengan orang lain). Dalam rangka pembina kecerdasan emosional terhadap sikap empati dan sikap kejujuran untuk menjadi potensi positif, maka perlu ada upaya atau langkah-langkah yang dilaksanakan sehingga mampu melahirkan sebuah kecerdasan emosional diri seseorang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus atau penelitian lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan seperti berikut : (1) Soft Skill siswa yang di miliki oleh siswa di SMP Negeri 3 Kota Batu telah direalisasikan melalui pendidikan budaya dan karakter yang diikrarkan dalam upacara wajib hari senin dan penerapan setiap hari yang mencangkup kemampuan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, dan keterampilan spiritual. (2) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam menanamkan soft skill siswa di SMP Neeri 3 Kota Batu, melalui penerapan 6 program yang dibentuk oleh kelompok guru pendidikan agama islam dalam organisasi Badan Dakwah Islam, yaitu Penerapan slogan dan poster terkait pendidikan, Sholat jum’at dan keputrian, Kegiatan literasi, Kotak barang hilang, Kerja Bakti, Kantin kejujuran. kemudian dilakukan evaluasi setiap pergantian semester sebagai pemantauan pencapaian target atau tujuan. (3) Hasil peningkatan soft skill siswa di SMP Negeri 3 Kota Batu dapat dilihat dari prestasi siswa disekolah dan peningkatan hasil belajar siswa di setiap mata pelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Kamila Asfarin Imania |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:32 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15567 |
Actions (login required)
View Item |