Pengaruh Kultum Terhadap Kesadaran Keagamaan Peserta Didik MTSN 1 Kota Blitar Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Prasetyawati, Maya (2024) Pengaruh Kultum Terhadap Kesadaran Keagamaan Peserta Didik MTSN 1 Kota Blitar Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201066_PRABAB.pdf

Download (543kB)
[img] Text
20201066_BAB1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
20201066_BAB2.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20201066_BAB3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
20201066_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
20201066_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
20201066_BAB6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
20201066_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
20201066_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Maya prasetyawati, Dosen Pembimbing Dr,Iskandar Tsani, M.Ag. dan Ahmad Fahroni, M.Pd.I., Pengaruh Kultum Terhadap Kesadaran Keagamaan Peserta Didik MTSN 1 Kota Blitar Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2024. Kata kunci: Kultum, Kesadaran Keagamaan. Di era digital saat ini, pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa dampak pada nilai-nilai agama, terutama di kalangan remaja. Konten-konten di internet yang beragam dan tidak selalu positif berpotensi menggeser perhatian remaja dari nilai-nilai keagamaan. Sekolah memiliki program kultum untuk meningkatkan kesadaran keagamaan tersebut. Oleh karena itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan kultum di MTSN 1 Kota Blitar tahun pembelajaran 2023/2024, (2) bagaimana kesadaran keagamaan peserta didik MTSN 1 Kota Blitar tahun pembelajaran 2023/2024, (3) bagaimana pengaruh kultum terhadap kesadaran keagamaan peserta didik MTSN 1 Kota Blitar tahun pembelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif karena untuk membandingkan tingkat kesadaran keagamaan peserta didik yang melakukan kultum dan yang tidak melakukan kultum. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang dilakukan yaitu uji instrumen (dengan uji validitas, reliabilitas) dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kultum di MTSN 1 Kota Blitar memiliki tingkat pastisipasi tinggi, yaitu sebesar 51,8% responden dengan rata-rata skor sebesar 27,78 pada interval 27-34. (2) Tingkat kesadaran keagamaan peserta didik MTSN 1 Kota Blitar memiliki rata-rata skor 65,25 dengan 66,4% peserta didik dikategorikan sangat tinggi pada interval 63-75. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kultum terhadap peningkatan kesadaran keagamaan peserta didik dengan nilai t hitung 5,719 > t tabel 2,0048 dan nilai signifikansi yang sebesar 0,000< α sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAYA PRASETYAWATI
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:29
Last Modified: 12 Nov 2024 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item