Hermawan, Ade (2019) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural dalam Membina Toleransi Bergama Siswa di SMPN 9 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127315_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932127315_BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text
932127315_BAB II.pdf Download (343kB) |
|
Text
932127315_BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
932127315_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
932127315_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text
932127315_BAB VI.pdf Download (6kB) |
|
Text
932127315_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
Abstract
Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, etnis, bahasa dan nilai-nilai kultural sebagai dasar pembelajaran di lembaga tersebut. Hal ini dilakukan karena dalam satu sekolah terdiri dari berbagai siswa yang cukup beragam, agar tidak terjadi konflik didalamnya sangat penting pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina toleransi umat beragama siswa diterapkan. Fokus Penelitian ini adalah : 1) bagimana perencanaan pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di SMPN 9, 2) bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan multikultural di SMPN 9 Blitar, 3) hasil pelaksanaan pedidikan agama islam berwawasan multikultural dalam mebina Toleransi siswa . Dalam penelitian ini, penulis menggunkan pendekatan kualitatif, yang mendeskripsikan dan mengintrepestasikan data yang didapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada Hasil Penelitian Menunjukan 1) perencanaan Pendidikan Agama islam Berwawasan multikultural mengacu pada komponen-komponen pembelajaran yang memilki unsur multikultural 2) pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan multikultural di SMPN 9 Blitar sudah berjalan dengan baik dan maksimal. Siswa non muslim di perbolehkan untuk menetap atau meningalkan kelas, dari pelaksanaan pembelajaran guru menyelipkan nilai-nilai multikultural ke dalam materi Pendidikan Agama islam, pembelajaran toleransi tidak hanya di dapat siswa dikelas tetapi juga di luar kelas seperti perayaan hari besar keagamaan dan workshop, 3) Hasil Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMPN 9 Blitar ini sudah mencerminkan sikap toleransi hal ini dibuktikan dengan toleransi dan sikap saling menghargai siswa .
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 02:01 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 02:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
View Item |