Nisak, Farida Khoirun (2020) Penerapan Fatwa DSN MUI No: 83/DSN–MUI/Vi/2012 Di PT. Arminareka Perdana Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931304413_PRABAB.pdf Download (621kB) |
|
Text
931304413_BAB 1.pdf Download (464kB) |
|
Text
931304413_BAB 2.pdf Download (322kB) |
|
Text
931304413_BAB 3.pdf Download (322kB) |
|
Text
931304413_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
931304413_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
931304413_BAB 6.pdf Download (275kB) |
|
Text
931304413_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text
931304413_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Salah satu hasil perkembangan dan perubahan dunia pemasaran yakni adanya sistem penjualan langsung berjenjang syari’ah (PLBS). PLBS adalah metode pemasaran berjenjang kepada konsumen melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan perorangan atau badan usaha yang memperkenalkan barang/jasa, yang bekerja atas dasar imbalan dengan menerapkan akad dan prinsip syari’ah. PT. Arminareka Perdana, merupakan salah satu perusahaan PLBS yang mampu meningkatkan jumlah jama’ah umrah, bahkan mempunyai kantor perwakilan (distributor independen) di seluruh Indonesia. Menarik untuk diteliti, PT. Arminareka Perdana mempunyai tiga kantor perwakilan (distributor independen) di Kediri, dengan jumlah mitra yang bergabung sekitar 2.000 orang di setiap kantor perwakilan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan; 1. Bagaimana sistem penjualan langsung berjenjang syariah pada jasa perjalanan umrah di PT. Arminareka Perdana cabang Kediri 2. Bagaimana penerapan prinsip syariah pada jasa perjalanan umrah di PT. Arminareka Perdana cabang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, sistem PLBS pada jasa perjalanan umrah di PT. Arminareka Perdana cabang Kediri belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN-MUI No: 83/DSN–MUI/VI/2012. Ketidaksesuaian tersebut dapat dilihat pada pembatalan akad ijarah maushufah fi al-dzimmah, yang tidak membedakan antara udzur syar’i atau bukan, dan pengembalian DP umrah oleh PT. Arminareka Perdana cabang Kediri tidak secara tunai. Ketentuan yang berlaku, mitra hanya bisa mewariskan atau memindah tangankan dengan dipotong biaya administrasi 10%. Sedangkan pada akad ju’alah, jaringan dan penyelenggaraannya, dan mekanisme kerja sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No: 83/DSN–MUI/VI/2012. Kedua, penerapan prinsip syariah pada jasa perjalanan umrah di PT. Arminareka Perdana cabang Kediri belum sepenuhnya sesuai dengan DSN-MUI No: 83/DSN– MUI/VI/2012, karena ditemukan unsur zhulm, ghisysy, talbis, tadlis, dan kilman. Sedangkan unsur syubhat, riba, maysir, gharar, jahalah, muqamarah, money game, dharar, dan ighra’ tidak ditemukan di PT. Arminareka Perdana cabang Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 05:09 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 05:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
View Item |