Kusna, Nur Lailatul (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam Bilingual Di Sekolah International Class Program (MI Muslimat Nahdlatul Ulama’ Pucang Kota Sidoarjo). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
21501012_prabab.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (323kB) |
|
Text
21501012_bab1.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (198kB) |
|
Text
21501012_bab2.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (416kB) |
|
Text
21501012_bab3.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (225kB) |
|
Text
21501012_bab4.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (1MB) |
|
Text
21501012_bab5.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (231kB) |
|
Text
21501012_bab6.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (119kB) |
|
Text
21501012_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (189kB) |
|
Text
21501012 Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only until October 2025. Download (905kB) |
Abstract
Berbanding terbalik dengan kondisi jauh terdahulu bahwa sekolah formal umum digadang-gadang oleh para orang tua karena dirasa lebih mampu mengantarkan peserta didik untuk menggapai cita-cita dan kesuksesan di masa depan. Namun, fenomena yang ditemui beberapa tahun terakhir ini beberapa dari sekolah formal umum tingkat sekolah dasar tidak mendapatkan siswa baru setiap tahunnya, dan berakibat ditutupnya sekolah tersebut karena orang tua lebih memilih untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke madrasah. Oleh karena itu antar sekolah saling bersaing untuk menawarkan pelayanan pendidikan yang terbaik. Sebagaimana di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat NU Pucang Sidoarjo sebagai pelaksana pendidikan agama Islam bilingual di sekolah ICP (International Class Program) dan sebagai penyelenggara Boarding School sejak tahun 2021 mengupayakan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pendidikan di era sekarang yakni dengan melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sistem adopsi adaptif, dengan cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge, Kemendikbud, Kemenag, dan Madrasah dalam menunjang proses pelaksanaan pendidikan agama Islam bilingual terkhususnya. Pelaksanaan pendidikan agama Islam bilingual di MINU Pucang Sidoarjo menggunakan sistem pembelajaran modern dan menerapkan kurikulum integrasi. Hal ini dilatarbelakangi keinginan sekolah yang senantiasa untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas pendidikan sekolah dengan mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi arus globalisasi yang terus berubah-ubah, dan membangun karakter peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus, kehadiran peneliti sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan, dan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa. 1) Perencanaan pendidikan agama Islam bilingual di sekolah ICP memiliki peranan penting, sehingga diperlukan penyusunan secara matang di tiap-tiap komponennya. 2) Pelaksanaan pendidikan agama Islam bilingual di sekolah ICP menggunakan sistem modern dan menerapkan kurikulum integrasi yang merupakan implementasi kurikulum dengan sistem adopsi adaptif meliputi kurikulum Cambridge, Nasional, Kementerian Agama, dan Madrasah. 3) Evaluasi pendidikan agama Islam bilingual di sekolah ICP meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sehingga alat ukur yang digunakan adalah jenis tes dan non-tes.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Lailatul Kusna |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15326 |
Actions (login required)
View Item |