KHOIROH, ULA FAIZATUL (2018) Perilaku Anak Pelaku Bullying Dengan Pola Asuh Single Parent (Studi Kasus di Dsn.Parerejo Ds.Gedangsewu Kec.Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
01. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
03. PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (206kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (228kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Text
09. BAB VI.pdf Download (92kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Seorang anak dalam kesehariannya masih membutuhkan kasih sayang dan bimbingan dari orangtuanya, kerabat dan lingkungannya. Pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya akan menentukan keberhasilan pendidikan karakter mereka dalam keluarga. Keluarga yang kurang harmonis atau keluarga single parent cenderung kurang maksimal dalam pola pengasuhan anak karena adanya kurang kebersamaan. Bagi seorang anak yang diasuh oleh single parent akan memberikan dampak pada perilaku seseorang yaitu diantaranya menjadi pemarah, berkata kasar, suka melamun, bahkan bullying. Tindakan bullying terdapat pelaku dan korban, pada anak yang menjadi pelaku memiliki kekhasan diantara orang tuanya yang kurang membimbing dan perhatian, merasa dirinya paling kuat diantara teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh single parent, bentuk perilaku bullying dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku anak pelaku bullying yang diasuh single parent di Dusun Parerejo Desa Gedangsewu Kec.Pare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek atau informan dari penelitian ini adalah anak pelaku bullying yang diasuh single parent sebanyak 5 dari jumlah keseluruhan 20 anak. Pemilihan subyek atau informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampling bertujuan), yaitu informan yang dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitiannya. Proses pengumpulan data menggunakan participant observasion, wawancara semi terstruktur dan didukung dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama mayoritas single parent menggunakan pola asuh permisif lebih memberikan kebebasan kepada anak. Kedua hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk bullying verbal (memaki, menjuluki, meneriaki, mempermalukan, menuduh, menyoraki, menfitnah), nonverbal (memukul, menginjak kaki, meludahi, memalak dan melempar barang) dan psikologis (memandang sinis, mendiamkan dan menelototi,. Ketiga selain itu juga faktor yang dapat mempengaruhi perilaku anak pelaku bullying yaitu latar belakang keluarga, teman sebaya, lingkungan dan media elektronik seperti tayangan kekerasan di televisi, kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua yaitu ibu, perasaan sensitif dan mudah tersinggung, kurang bisa mengontrol emosinya yang dapat memicu konflik pada anak yang diasuh single parent.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:03 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15286 |
Actions (login required)
View Item |