Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018

Febriana, Betti (2018) Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106014_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106014_BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932106014_BAB 2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932106014_BAB 3.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932106014_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
932106014_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
932106014_BAB 6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932106014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932106014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan proses merubah tingkah laku seseorang dari yang semula tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dan sebagainya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan beberapa aspek pendukung, salah satunya kemampuan membaca yang secara aktif membantu terlaksananya sebuah pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tujuan. Dalam dunia pendidikan, membaca dan menulis merupakan suatu hal yang penting, karena keduanya merupakan dasar dalam proses belajar. Penumbuhan budi pekerti ini dilakukan melalui program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti anak melalui budaya literasi membaca. Program ini diharapkan mampu memaksimalkan kegiatan literasi yang bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat literat. Usaha yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan memberikan nasehat, menerapkan Gerakan Litersi Sekolah (GLS) dan wajib baca diperpustakaan. Salah satu sekolah yang menyadari akan pentingnya membaca yaitu SMP Negeri I Kedungpring Lamongan. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana minat baca siswa di SMP Negeri I Kedungpring Lamongan? 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri I Kedungpring Lamongan? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Minat baca siswa yaitu sedang, memiliki perasaan senang, membaca tanpa disuruh, memanfaatkan waktu luang untuk membaca, rajin berkunjung keperpustakaan dan berusaha memiliki buku. Berada dalam kategori sedang dengan presentase 64%. 2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca yaitu dilakukan dengan cara memberikan nasehat, gerakan literasi sekolah dan wajib baca buku diperpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:42
Last Modified: 15 Oct 2020 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item