UMMAH, FITROTUL (2017) Upaya guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan religius siswa SMA Negeri 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. HALAMAN SAMPUL_3. PRA BAB.pdf Download (763kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (229kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (176kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (129kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Lembar Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Mengingat betapa pentingnya karakter peserta didik terutama karakter disiplin dan religius peserta didik maka alangkah lebih baik jika guru-guru yang mendampingi peserta didik dalam melaksanakan pemebelajan sedikit membantu membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik agar peserta didik mempunyai karakter disiplin dan religius yang lebih baik. Mengingat karakter disiplin sangat penting untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Dalam penelitian ini fokus peneliatian adalah 1) bagaimana karakter disiplin dan religius siswa SMAN 1 Kediri 2) bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan religius siswa SMAN 1 Kediri. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mendiskripsikan karakter disiplin dan religius siswa SMAN 1 Kediri (2) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan religius siswa SMAN 1 Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun penelitian ini menghasilkan temuan bahwa 1) masih ada siswasiswi yang telambat masuk sekolah 2) masih ada siswa siswi yang tidak memakai atribut yang lengkap 3) masih ada siswa siswi yang sering bolos pelajaran 4) masih ada siswa –siswi yang belum bisa membaca Al-Qur’an 5) masih banyak siswa-siswi yang sholat 5 waktunya belum sempurna 6) sudah hampir 90% siswi muslim memakai hijab. Kemudian temuan selanjutnya yakni memberikan bimbingan dan arahan, memberikan sanksi yang mendidik, memberikan contoh perilaku disiplin, mendampingi ketika membaca Al-Qur’an, mengajari siswa-siwi untuk menutup aurat, dan memberi contoh perilaku atau akhlak yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 08 Feb 2019 09:07 |
Last Modified: | 08 Feb 2019 09:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |