Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kediri

Mubarok, Amin (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101312_PRABAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932101312_BAB 1.pdf

Download (493kB)
[img] Text
932101312_BAB 2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932101312_BAB 3.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932101312_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932101312_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
932101312_BAB 6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932101312_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932101312_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Pada zaman seperti sekarang ini Pendidikan Agama Islam adalah langkah awal untuk membentuk masyarakat yang bermoral, masyarakat muslim khususnya orang tua dan guru dituntut untuk memiliki sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap kondisi dan dunia anak-anak sebagai generasi penrus keluarga dan negara. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka pada sebuah keyakinan bahwa Allah SWT adalah tuhan mereka dan Al-Qur’an adalah firmannya sehingga ruh Al-Qur’an selalu tertanam dalam hati mereka. Maka peran Guru PAI sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan yang ada dalam sekolah itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kediri? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan islamdi SMA Negeri 6 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam adalah : Mempersiapkan pembelajaran, telah menempuh jenjang pendidikan S1 PAI, memaksimalkan kegiatan keagamaan yang ada di sekolah, dan membimbing akhlaq siswanya secara langsung serta kerjsama dengan orang tua siswa. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam : a. Faktor pendukung yaitu Guru yang kompeten dan profesional yang semua sudah S1, faktor keluarhga, faktor sarana dan prasarana serta faktor kekeluargaan antar guru. b. Faktor penghambat yaitu a) Dari sumber daya manusia, karena hanya ada 3 guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:26
Last Modified: 14 Oct 2020 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item