Mir Rohmatik, Lutfia (2024) Peningkatan Religiusitas pada Peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) melalui Tradisi Ziarah Kubur di Desa Karanganyar Kec. Wates Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20105006_prabab,.pdf Download (3MB) |
|
Text
20105006_bab1.pdf Download (4MB) |
|
Text
20105006_bab2.pdf Download (3MB) |
|
Text
20105006_bab3.pdf Download (4MB) |
|
Text
20105006_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
20105006_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
20105006_bab6.pdf Download (676kB) |
|
Text
20105006_daftar pustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi..pdf Download (194kB) |
Abstract
Penulis tertarik pada Tradisi ziarah kubur merupakan media untuk peningkatan religiusitas yang ada di TPQ Al-Ikhlas. Didalamnya terdapat rangkaian atau bacaan ketika berziarah ke pemakaman. Dan beberapa kegiatan yang ada di TPQ Al-Ikhlas, serta dimensi-dimensi religiusitas. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Metode peningkatan religiusitas peserta didik TPQ Al-Ikhlas Karanganyar-Wates, 2. Dimensi religiusitas peserta didik TPQ Al-Ikhlas Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai pengumpulan data, sumber data dalam penelitian ini adalah pendiri TPQ Al-Ikhlas, peserta didik TPQ Al-Ikhlas. Teknis analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut : 1. Metode religiusitas peserta didik TPQ Al-Ikhlas. Dengan tradisi ziarah kubur peserta didik TPQ Al-Ikhlas juga menggunakan metode peningkatan religiusitas yaitu metode keteladanan yaitu dengan meneladani para tokoh, para ulama’, dan para kiyai yang berjasa untuk diteladani, metode pembiasaan yaitu membiasakan melakukan ziarah kubur setiap minggu dan bulannya, metode nasihat yaitu ketika berziarah peserta didik diberi nasehat pentingnya ziarah, seperti mengingatkan akan kematian dan hikmah lainnya, metode pengawasan yaitu mengawasi segala perkataan dan perbuatan peserta didik jika melakukan kesalahan atau melanggar norma sosial ketika berziarah. Dari beberapa metode tersebut dapat untuk digunakan peningkatan religiusitas peserta didik, 2. Mengetahui dimensi religiusitas peserta didik dengan menggunakan teori Glock Stark telah mendefinisikan lima dimensi religiusitas yaitu: dimensi keyakinan yaitu meyakini adanya Allah, adanya kematian, dan adanya akhirat, dimensi peribadatan atau praktek ibadah yaitu bacaan ketika berziarah kubur, seperti membaca sala, tawassul, tahlil, dan do’a, atau penghayatan yaitu dengan bersikap khusyuk, hati terasa nyaman dan tentram, dimensi pengetahuan yaitu mengetahui tentang hukum ziarah kubur, adab ziarah kubur, dimensi efek atau pengalaman yaitu melakukan tindakan sosial yang dengan berbaur kepada masyarakat. Dari dimensi tersebut untuk peningkatan religiusitas peserta didik TPQ Al-Ikhlas Karanganyar- Wates.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | LUTFIA MIR ROHMATIK |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 06:39 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 06:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14970 |
Actions (login required)
View Item |